Best Profit Futures Banjarmasin

Timang-timang Ganti PlayStation 4 ke PlayStation 5

PT. BESTPROFIT FUTURES

d3f217a0-6be6-4c21-bfb7-e5ba4923d643_169

PT. BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN – PlayStation 5 atau PS 5 telah resmi diperkenalkan pada 12 Juni 2020. Desain konsol gim ini berdiri secara vertikal seperti Xbox Series X. Meski begitu, Sony belum mengungkap harga PS5 ke publik. Sejumlah penggiat gim memprediksi harga PS5 bakal tembus US$499 atau sekitar Rp6,9 juta. Harganya dianggap masuk akal karena Sony melakukan banyak inovasi di perangkat konsol gim terbaru mereka. Menyoal harga PS5 varian Digital Edition, analis memperkirakan bahwa varian ini akan lebih murah dibanding 4K Blu-ray karena Sony tidak menyematkan drive (hard disk) meskipun didukung komponen-komponen yang mumpuni seperti SSD 852GB dan CPU AMD Zen 2 core delapan serta GPU AMD RDNA 2. BESTPROFIT


Mereka memprediksi harga PS5 Digital Edition diduga bakal dihargai US$399 atau sekitar Rp5,5 juta seperti dikutip Tech Radar. Bagi Anda pecinta gim dan masih ragu apakah ingin beralih ke PS5 atau tetap setia menggunakan PS4, berikut perbedaan kedua gim konsol tersebut:

Tampilan
PS5 memiliki dua varian perangkat yaitu 4K Blu-ray dan Digital Edition. Varian 4K Blu-ray tampak jauh lebih tipis dibanding satu varian lainnya sebab perusahaan tidak menyematkan drive (hard disk). Sama seperti saingannya, Xbox Series X, PS5 ditempatkan secara vertikal. Pada bagian bodi atas, Sony menempatkan ventilasi khusus yang berfungsi untuk pembuangan panas, berdampingan dengan USB-A dan USB-C. Selain itu, perusahaan teknologi yang berbasis di Jepang ini juga membuat beberapa aksesori khusus untuk PS5 seperti DualSense, kamera dengan resolusi HD, headset nirkabel Pulse 3D, dan sebuah remote. Sementara PS4 tersedia dua varian perangkat yaitu versi standard dan Digital Edition yang berukuran lebih ramping lantaran tanpa driver optik. PT. BESTPROFIT

Prosesor dan Memori
PS5 ditenagai CPU AMD Zen 2 core delapan dan GPU AMD RDNA 2. Sebelumnya, pada bulan Maret 2020 lalu, Sony sempat mengumumkan bahwa mereka akan menyematkan cip AMD khusus dengan daya 10,28 teraflops menggunakan frekuensi variabel pada CPU dan GPU. Sony juga menggunakan solusi SSD eksklusif untuk meningkatkan waktu pemuatan gim. SSD akan menyediakan penyimpanan 852GB dan kinerja sampai 5,5GB. Perusahaan mengharuskan semua gim dipasang ke SSD internal agar cepat terbaca langsung oleh sistem, seperti dilansir Digital Trends. Sementara pada PS4 disematkan CPU AMD Jaguar octa-core, GDDR5 8GB, dan CPU AMD Radeon. Penyimpanan internal kedua konsol pun cukup berbeda yakni, PS4 HDD 500GB atau 1TB, sedangkan PS5 SSD 825 GB dengan performa 5,5GB/detik.

Grafis
Salah satu pengembang gim yakni Epic Games baru-baru ini menunjukkan demonstrasi teknologi Unreal 5 yang berjalan cukup mengesankan saat dipasang di PS5, mereka memamerkan pemuatan gim hingga resolusi 8K dan efek pencahayaan yang dinamis. Tak hanya mendukung resolusi 8K, PS5 juga mendukung grafik 4K pada kecepatan refresh 120Hz dan audio 3D, seperti dikutip Tech Radar.

PS5 dilengkapi pula dengan controller DualSense yang memiliki sejumlah fitur seperti immersive haptic feedback, dynamic adaptive triggers, dan built-in microphone. Controller ini didesain berwarna putih-hitam selaras dengan tampilan PS5. Tata letak D-pad, analog dan tombol lain masih sama seperti controller PS4, DualShock 4, begitu pula dengan touchpad yang berada di sisi tengah. PT. BEST PROFIT

Daftar Permainan
Total ada 26 gim yang juga diperkenalkan dalam peluncuran konsol terbaru Sony tersebut. Gim kelas AAA seperti Spider-Man: Miles Morales, Gran Turismo 7, hingga Godfall diluncurkan untuk generasi terbaru PS5. Sayangnya, Sony mengkonfirmasi bahwa jajaran gim eksklusif yang disematkan di PlayStation 5, tidak dapat dimainkan di PS generasi sebelumnya.

Hal ini mengacu pada pernyataan Presiden sekaligus CEO Sony, Jim Ryan dalam sebuah wawancara dengan Gameindustry.biz yang menyatakan bahwa permainan di PS5 tidak dapat dimainkan di PS4. Menurut Ryan, langkah tersebut penting dilakukan karena perusahaan tengah gencar menciptakan formasi sistem yang baru untuk menjembatani generasi konsol gim mereka saat ini dan di masa depan. Sebab salah satu pesaing kuat Sony yakni Microsoft pun tengah mengembangkan konsol gim Xbox One dan Xbox Series X generasi berikutnya yang lebih kuat.

“Kami selalu mengatakan bahwa kami percaya pada konsol gim dari generasi ke generasi. Kami percaya bahwa ketika Anda sedang bersusah payah menciptakan konsol generasi berikutnya, harus mencakup fitur dan manfaat yang tidak ada di generasi sebelumnya,” kata Ryan seperti dikutip The Verge. BEST PROFIT

“Kami betul-betul percaya dengan generasi konsol gim, apakah itu akan ditambahkan pengontrol DualSense, audio 3D, SSD dan lainnya. Kami berpikir bahwa inilah saatnya untuk memberi penggemar PlayStation sesuatu yang baru dan berbeda, dan hanya bisa dinikmati di PS5,” tambahnya.

Sumber : cnnindonesia