Best Profit Futures Banjarmasin

Sosok Selain Neil Armstrong yang Sudah Jelajahi Antariksa

PT. BESTPROFIT FUTURES

cec9b762-23a6-4e68-8cc9-1ff9273b4804_169

PT. BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN – Jakarta, CNN Indonesia — Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) sukses menempatkan dua astronaut yakni Neil Armstrong dan Edwin ‘Buzz’ Aldrin sebagai manusia pertama yang mendarat di permukaan Bulan lewat misi Apollo 11. Namun nyatanya, ada tiga sosok lain yang lebih dulu menjelajahi orbit Bumi. BESTPROFITYuri Gagarin, Bruce McCandless, dan Vladimir Mikhaylovich Komarov merupakan astronaut dan kosmonaut yang sudah lebih dulu menjangkau orbit Bumi sebelum Armstrong dan Buzz. Mengutip dari berbagai sumber, berikut profil Gagarin, McCandless, dan Komarov.

Yuri Gagarin
Jika Armstrong menjadi orang pertama yang menjejakkan kaki di Bulan, maka Gagarin merupakan manusia pertama yang terbang menjelajahi ruang angkasa. Memulai penerbangan pada 12 April 1961, ia berhasil mengelilingi lebih dari satu orbit Bumi selama 108 menit menggunakan pesawat Vostok buatan Rusia.Penerbangan Gagarin dilakukan di tengah Perang Dingin yang terjadi antara AS dan Uni Soviet (sekarang bernama Rusia) di tengah persaingan untuk menjadi supremasi teknologi antariksa. Saat itu Rusia lebih dulu berhasil menjangkau antariksa lewat misi satelit Sputnik pada Oktober 1957.

Sebelum misi dijalankan, Rusia melakukan uji coba prototipe Vostok. Selama proses pengujian, mereka mengirim boneka tiruan yang dibuat menyerupai manusia dan seekor anjing bernama Zvezdochka. Mengutip Space, pesawat ruang angkasa Vostok 1 meluncur pada 12 April 1961 pukul 09.07 pagi waktu Moskow. Selama 108 menit, Vostok 1 melakukan perjalanan mengelilingi Bumi di ketinggian maksimum 327 kilometer.
Sekembalinya ke Bumi, Gagarin bergabung di Badan Legislatif Rusia dan diangkat menjadi Komandan Detasemen Kosmonaut. Pada 27 Maret 1968, ia tewas bersama dengan pilot lain saat menguji coba pesawat jet tempur MiG-15. Gagarin meninggalkan seorang istri dan dua anak perempuan. BEST PROFIT

ruce McCandless
Lain halnya Rusia, AS justru lebih dulu mengirim Bruce McCandless menjadi manusia pertama yang melakukan perjalanan ruang angkasa tanpa menggunakan penambat keselamatan pesawat antariksa.McCandless yang bergabung dalam misi STS 41-B Space Shuttle Challenger pada 7 Februari 1984 mengenakan alat mobilitas manuver unit dan berkelana sekitar 98 meter dari pesawat yang membawanya ke orbit Bumi.

Seperti dilansir Air and Space, McCandless menggunakan pengontrol tangan untuk mengoperasikan pendorong gas nitrogen. Ia menempuh perjalanan solo selama 1 jam 22 menit.Pada penerbangan keduanya di bulan April 1990, Mccandless terbilat dalam misi STS-31 bersama kru satu-satunya, Kathryn Sullivan. Keduanya berhasil mengerahkan  teleskop luar angkasa Hubble ke orbit Bumi dan kembali ke atmosfer di Pangkalan Angkatan Udara Edwards, California, AS.Usai hengkang dari NASA, McCandless bekerja untuk Martin Marietta Corporation dan menjadi ilmuwan senior di Lockheed Martin Space Systems, Colorado. PT. BESTPROFIT

Vladimir Mikhaylovich Komarov
Kosmonaut kelahiran Rusia, 16 Maret 1927 menjadi manusia pertama yang meregang nyawa saat menjalankan misi antariksanya pada 24 April 1967. Komarov bergabung dengan angkatan udara Uni Soviet di usia 15 tahun. Ia merupakan lulusan Akademi Teknik  Angkatan Udara Zhukovsky tahun 1959 dan resmi menjadi pilot pada Oktober 1964. Dilansir Brittanica, Komarov menjadi orang Rusia pertama yang melakukan perjalanan ke ruang angkasa menggunakan kendaraan Soyuz 1 pada 23 April 1967. Ketika mencapai orbit Bumi ke-18 dan hendak mendarat, pesawat yang ditumpanginya terjerat dalam parasut utama di ketinggian beberapa kilometer hingga jatuh ke Bumi.

Jasad Komarov dikremasi dan abunya disimpan di tembok Kremlin, Moskwa, Rusia. PT. BEST PROFIT

Sumber : cnnindonesia