Best Profit Futures Banjarmasin

Seberapa lama buang air kecil boleh ditahan – BESTPROFIT FUTURES

BESTPROFIT

PT BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN

Saat berada dalam kemacetan yang panjang, orang biasanya tidak bisa menemukan jamban untuk buang air kecil. Saat itulah mereka terpaksa menahan untuk tidak kencing.

Kesibukan, misalnya saat sedang menggelar acara penting, pun sering memaksa orang untuk tidak berkemih. Ada pula orang, terutama kaum perempuan, yang menahan diri tidak kencing karena tidak menemukan kakus yang higienis.

Merujuk pada pendapat dr. Sudung O.Pardede, Sp.A(K), saat menahan kencing, air yang seharusnya keluar akan ditampung di kandung kemih. Dalam kandung kemih terdapat otot-otot yang menahan air. Sehingga saat dia terisi oleh air, ia akan memberikan sensasi ingin berkemih kalau sudah penuh.

Seberapa lama kandung kemih itu terisi penuh sebenarnya tergantung pada tingkat hidrasi. Maksudnya, semakin banyak air atau makanan yang mengandung air masuk ke dalam tubuh, semakin banyak air kencing yang diproduksi oleh ginjal.

Angka 9-10 jam sebenarnya adalah normal bagi orang yang cukup terhidrasi. Lebih lama dari itu sangat tidak disarankan. Menurut laman Business Insider, sebenarnya tidak ada masalah kesehatan yang sangat serius yang disebabkan karena menahan urine terlalu lama. Kandung kemih tidak akan “meledak” karena kepenuhan urine.. Itu hanya mitos. Jika kandung kemih telah penuh dan Anda menahan kencing, otak akan menekan keinginan untuk kencing atau Anda akan tiba-tiba mengompol karena sudah tidak bisa menahan pipis.

Memang ada cerita tentang seorang pria bernama Tycho Brahe yang meninggal pada 1600-an karena terlalu lama menahan kencing. Namun, ternyata penyebab kematiannya adalah karena infeksi, bukan karena kandung kemih yang kepenuhan.

Namun cerita yang berbeda disampaikan oleh dokter Judd W. Moul, direktur Duke Prostate Center Division of Urologic Surgery, kepada Men’s Health.

“Seorang prajurit muda datang setelah malam sebelumnya mabuk dan kemudian dia pingsan. Kandung kemihnya menahan urine setara dengan tiga botol anggur sehingga menggelembung seperti kantung yang kepenuhan,” ujar Moul. – PT Bestprofit Futures

Setelah itu, sang pasien, menurut Moul, tidak bisa kencing seperti sediakala. Dia harus memasang kateter di penisnya empat sampai lima kali sehari untuk kencing. Rupanya, di dalam kandung kemih terdapat otot-otot yang berfungsi untuk menahan air kecing. Ketika kandung kemih sudah penuh, tapi orang menahan untuk tidak kencing, maka otot-otot itu bisa mengeras.

Ketika otot mengeras, urine akan sulit keluar. Kencing jadi tidak lancar, akibatnya ada urine yang masih tersisa. Inilah yang bisa menyebabkan infeksi kandung kemih.

Dokter spesialis urologi dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk Johanus W Soelistyo mengatakan kepada KOMPAS.com bahwa infeksi bisa terjadi karena air kencing mengandung bakteri. Jika menahan buang air kecil, air kencing yang mengandung bakteri itu bisa menyebabkan infeksi saluran kencing.

Infeksi bakteri pada akhirnya juga bisa menyebabkan anyang-anyangan atau merasa ingin pipis, tetapi air kencing yang dikeluarkan sangat sedikit. Menahan pipis terlalu lama juga bisa menimbulkan rasa nyeri. – Beritagar.id

(Mr-Pt Bestprofit Futures)