Best Profit Futures Banjarmasin

Operator Jamin Kelancaran Jaringan Internet Jelang Idulfitri

PT. BESTPROFIT FUTURES

f09d5f53-cd02-4f8a-a9fa-38d90e38fd5e_169

PT. BESTPROFIT FUTURES BANJRMASIN – Sejumlah operator telah mempersiapkan jaringan telekomunikasi mereka jelang perayaan Idulfitri 2021. Mereka melakukan antisipasi penambahan kapasitas jaringan internet, menyediakan mobile BTS, hingga membentuk tim khusus untuk menjaga kelancaran jaringan yang diprediksi meningkat selama Idulfitri. BESTPROFIT


Telkomsel
Telkomsel memperkirakan trafik layanan broadband diprediksi akan tumbuh sebesar 8,54 persen, sedangkan trafik layanan panggilan suara dan SMS diproyeksi akan mengalami peningkatan sebesar 3,14 persen dan 2,95 persen. Sehingga, untuk memperkuat kualitas dan kapasitas jaringan, Telkomsel mengoperasikan tambahan 63 unit mobile BTS dan menambah kapasitas internet capacity menjadi 8,07 Tbps.

Antisipasi lonjakan trafik komunikasi khususnya akses broadband untuk konektivitas digital akan difokuskan di wilayah residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan COVID-19, titik transit transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, jalur penyaluran logistik, serta area spesial lainnya seperti pusat pelayanan publik. Secara keseluruhan, optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan tersebut akan difokuskan di 554 point of interest (POI) di seluruh Indonesia. PT. BESTPROFIT

Indosat
Indosat Ooredoo memperkirakan akan terjadi peningkatan trafik sebesar 24,1 persen pada Idulfitri 2021 ketimbang Lebaran tahun lalu. Selain itu kenaikan trafik pada Idulfitri 2021 juga naik 13 persen dari hari biasa di 2021. Jika dijabarkan, kenaikan penggunaan data pada Lebaran 2021 mencapai 44 persen dari total kapasitas ketersediaan jaringan sebesar 42,49 Tb/hari. Sementara kapasitas panggilan suara hanya 5 persen dari total yang disediakan. Untuk, trafik SMS diperkirakan mencapai 26 persen dari kapasitas 1,2 miliar SMS/hari.

Indosat juga mencatat kenaikan trafik data hari biasa di 2021, 50 persen lebih banyak dari hari biasa di 2020. Wilayah yang akan diantisipasi mengalami peningkatan trafik berdasarkan kenaikan tertinggi tahun lalu adalah Botabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung. Indosat juga mengaku telah melakukan peningkatan kualitas jaringan sejak awal tahun sehingga kecepatan unduh rata-rata berhasil meningkat 6 persen di tengah kenaikan trafik data sebesar 8 persen dibandingkan hari biasa.

Menghadapi kebutuhan telekomunikasi pelanggan yang terus meningkat, tahun ini Indosat Ooredoo telah membangun jaringan 4G berkualitas video dengan jauh lebih cepat dari yang direncanakan. Lebih dari 50 persen rencana site baru 2021 sudah selesai dibangun di kuartal pertama. Tidak hanya itu saja, lebih dari 32 persen rencana peningkatan kapasitas jaringan dan lebih dari 33 persen rencana fiberisasi berhasil dieksekusi dalam periode yang sama. Dalam satu tahun terakhir, trafik data tercatat naik sekitar 50 persen di kuartal pertama 2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kecepatan unduh rata-rata juga meningkat hampir 50 persen. PT. BEST PROFIT

Kesiapan Jaringan XL, Tri, dan Smartfren

XL Axiata
XL Axiata pun mempersiapkan momen libur Idulfitri dengan meningkatkan kapasitas hingga 2x dari kondisi hari normal. Optimisasi jaringan juga dilakukan di area pemukiman serta lokasi tujuan wisata. XL juga akan mengerahkan sekitar 40 unit Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik. Kapasitas jaringan di sekitar lokasi perbelanjaan dan wisata juga akan ditingkatkan. Persiapan jaringan lainnya adalah berupa pengaturan trafik internet ke arah upstream arah Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia.

“Meskipun ada larangan mudik, namun trafik kemungkinan tetap akan naik secara signifikan seperti Lebaran tahun lalu. Kami memperkirakan trafik akan meningkat sekitar 20 persen di layanan data,” jelas Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa lewat keterangan tertulis. Menurut Gede, peningkatan trafik layanan ini akan didominasi oleh Layanan streaming video/musik, instant messenger, game, dan media sosial akan mendominasi.

“Selain itu, layanan video conference dan video call akan naik sebagai saranan bersilaturahmi karena banyak pelanggan yang tidak bisa mudik dan berkunjung ke sanak famili.” Pada tahun lalu, libur Lebaran telah meningkatkan penggunaan layanan telekomunikasi dan data yang cukup signifikan, yaitu rata-rata meningkat sekitar 25 persen. Dari jenis layanan, kenaikan trafik tertinggi ada pada akses ke layanan instant messaging, video call atau video conference, social network service, dan streaming (game, video, musik, film).

Tri
Tri mengaku telah melakukan optimisasi dan peningkatan kualitas jaringan telah dilakukan di 214 Point of Interest (POI) di seluruh Indonesia

“Kapasitas jaringan 3 bisa mengatasi tambahan lonjakan trafik hingga 35 persen, sehingga dipastikan pelanggan bisa dengan nyaman menjalani seluruh kegiatan digital selama Ramadan dan Idul Fitri di rumah,” jelas M. Danny Buldansyah, Deputy Presiden Direktur dan Chief Sales Officer 3 Indonesia lewat keterangan resmi.

Seperti tahun sebelumnya, volume trafik data tercatat mengalami peningkatan saat Idul Fitri dikarenakan banyaknya pelanggan yang berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat menggunakan aplikasi mobile messaging seperti WhatsApp, mengakses berbagai sosial media, maupun mengonsumsi berbagai konten digital. Hingga minggu ketiga Ramadan, 3 Indonesia mencatat terjadi kenaikan trafik data untuk mengakses aplikasi YouTube (22 persen), Shopee (21 persen), TikTok (20 persen), dan Mobile Legends (19 persen). Kenaikan trafik diprediksi akan terus meningkat hingga momen Idul Fitri, kenaikan tertinggi terdapat di kota Bekasi, Tangerang, dan Bogor. BEST PROFIT

Smartfren

Sementara Smartfren, mengaku telah meningkatkan kapasitas dan jangkauan hingga 25 persen dari tahun sebelumnya. Fokus antisipasi kenaikan trafik data di kawasan perumahan, dan optimasi jaringan yang dilakukan secara masif. Smartfren juga menyiapkan Satgas Jaringan dan menyediakan 58 mobile BTS.

“Secara Year on Year dari bulan Maret 2020 ke bulan April 2021 di Jabotabek, kenaikan trafik data bertumbuh sebesar 24,5 persen. Tahun ini kemungkinan besar bisa lebih tinggi karena masih berlanjutnya pandemi,” jelas Agus Rohmat, VP Network Operation Smartfren.

Sumber : cnnindonesia