Microsoft Akan Bangun Data Center Pertama di Indonesia

INFO DAN KEGIATAN news Post Tekno

PT. BESTPROFIT FUTURES

royal-enfield-interceptor-650-1_169

PT. BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN – Microsoft akan membangun data center region pertamanya di Indonesia. Executive Vice President and President, Microsoft Global Sales, Marketing and Operations, Jean-Philippe Courtois mengatakan Microsoft memiliki komitmen jangka panjang pada pertumbuhan Indonesia. BESTPROFIT


“Pengumuman hari ini adalah investasi paling signifikan dalam kurun waktu 26 tahun hadirnya kami di sini. Saya senang perusahaan kami dapat membantu memberdayakan Indonesia untuk mewujudkan visinya untuk memimpin transformasi digital di kawasan ini,” ujarnya dalam acara DevCon 2021 yang digelar secara virtual, Kamis (25/2). Dengan pembangunan data center ini, Indonesia akan resmi bergabung dengan infrastruktur cloud Microsoft yang saat ini ada di lebih dari 60 wilayah pusat data yang diumumkan hingga saat ini. Data center ini, kata Curtois, dimaksudkan untuk menghadirkan layanan cloud terpercaya secara lokal, dengan keamanan data kelas dunia, privasi, dan kemampuan untuk menyimpan data di tanah air. PT. BESTPROFIT

“Dari e-commerce hingga pertanian, bisnis Indonesia di semua sektor mendapatkan keuntungan digital dengan keamanan, dan skala yang ditawarkan oleh layanan cloud Microsoft,” katanya. Selain itu, bisnis dari semua ukuran dan industri akan memiliki akses ke Microsoft Azure. Azure Data Center Region di Indonesia akan memiliki beberapa availability zone, di mana di setiap zona akan memiliki satu atau lebih pusat data dengan lokasi fisik yang berbeda dan memiliki sumber energi, pendingin, dan jaringan yang mandiri untuk melindungi data. Hal ini memungkinkan bagi siapa saja untuk mencipta dengan tujuan menggunakan layanan serta kemampuan cloud yang menjangkau komputasi, jaringan, database, analitik, kecerdasan buatan, dan internet untuk segala (Internet of Things/IoT).

Dalam acara yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Johnny G Plate, menilai kolaborasi dengan Microsoft yang membangun data center ini di Indonesia. akan mendukung inovasi lokal, pemulihan ekonomi, dan transformasi digital.

“Kami juga menyambut baik komitmen Microsoft dalam meningkatkan kapasitas talenta digital Indonesia di semua tingkat keahlian,” kata Johnny.

Jokowi Sambut Baik Kolaborasi Microsoft di RI
Presiden Joko Widodo menyambut baik kolaborasi Microsoft dengan komunitas digital untuk memperkuat transformasi digital yang sedang dilakukan untuk anak muda Indonesia. PT. BEST PROFIT

“Saya yakin dengan kolaborasi yang melibatkan komunitas digital indonesia termasuk Microsoft kekuatan kita akan semakin berlipat ganda, untuk mempercepat proses transformasi digital yang sedang kita lakukan,” ujar Jokowi dalam sambutan DevCon 2021 secara virtual. Lebih lanjut ia menjelaskan transformasi digital menjadi kunci untuk bertahan di masa pandemi Covid-19 untuk membantu bekerja lebih cepat dan efisien, meski berada di tengah keterbatasan interaksi.

Ia menuturkan percepatan transformasi digital tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja, melainkan butuh partisipasi dari seluruh komunitas digital baik melalui investasi pembangunan pusat data, mempercepat program literasi digital dan pengembangan talent digital secara masif. Menurut Jokowi Indonesia merupakan potensi besar pasar digital yang dianggap menjanjikan. Penetrasi internet dinilai terus tumbuh sejalan dengan pembangunan infrastruktur digital yang diklaim menjangkau pelosok tanah air.

Jokowi berharap potensi yang disebut besar bisa ditangkap oleh perusahaan digital, baik dalam dan luar negeri untuk banyak membuka lapangan pekerjaan terutama penduduk pada usia produktif. Ia mengatakan setiap tahunya ada sekitar 2,9 juta anak muda yang masuk pasar kerja. Ia berharap dapat mempersiapkan anak muda itu, untuk sebagian menjadi talent digital. Namun, menurutnya melahirkan talent digital dengan jumlah banyak membutuhkan langkah yang terencana, mendetail dan sistematis. Tidak hanya itu, menurutnya untuk mengenalkan literasi digital harus dimulai khususnya dari institusi pendidikan, pelatihan guru dan siswa untuk semakin mengenal dunia digital. BEST PROFIT

Di samping itu, Jokowi berharap kolaborasi dengan Microsoft menghasilkan pelatihan penggunaan teknologi digital untuk Usaha mikro kecil menengah (UMKM) diperbanyak untuk mendorong peningkatan transaksi penjualan online.

Sumber : cnnindonesia