Best Profit Futures Banjarmasin

Menkominfo klaim tak tahu pemblokiran Tumblr

PT BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN

PT BESTPROFIT FUTURES – Menteri Komunikasi dan Informasin (Kemeninfo) Rudiantara mengaku belum tahu terkait adanya adanya pemblokiran situs blogging mikro Tumblr, sejak Senin . Diketahui sebanyak 360 akun asusila pada Tumblr sudah diblokir oleh pihak Rudiantara.

BESTPROFIT

“Yang mana lagi? Hah? Enggak loh. Tumblr itu diblok tergantung kontennya. Makanya konten apa,” kata Rudi di Istana Kepresidenan, Selasa. – PT BEST PROFIT

Rudi menjelaskan sejumlah akun Tumblr yang berbau pornografi memang sejak lama telah diblokir. Namun dia mengaku tidak mengetahui bahwa seluruh layanan Tumblr diblokir oleh pihaknya.

Selanjutnya, Rudi mengecek terlebih dahulu terkait pemblokiran tersebut. “Mulai kapan? Saya baru tahu, baru dengar. Gini deh, teks saya nanti saya kasih tau setelah di kantor,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Kemkominfo menjelaskan berbagai alasannya mengapa memblokir Tumblr melalui empat buah cuitan di akunnya @Kemkominfo. – PT BESTPROFIT

1. Tim Aduan Konten telah menerima aduan dari masyarakat terkait konten asusila di platform T*mb*r. Setelah dilakukan penelusuran dan analisa konten, terdapat lebih dari 360 akun asusila pada medsos t*mb*r dot com dan aplikasinya.

2. Ditemukan pula bahwa T*mb*r tidak memiliki mekanisme dan report tools untuk melaporkan konten asusila. – BEST PROFIT

3. Pada 28 Februari 2018, Tim Aduan Konten kemudian mengirimkan notifikasi melalui email kepada T*mb*r dan meminta T*mb*r untuk membersihkan platformnya dari konten-konten asusila, dengan batas waktu penanganan maksimum 2 x 24 Jam. – BESTPROFIT

4. Sampai lewat batas waktu yang diberikan tersebut, tidak ada respon dari T*mb*r, sehingga dilakukan tindakan pemblokiran terhadap 8 DNS T*mb*r pada hari Senin 5 Maret 2018 sore.