Best Profit Futures Banjarmasin

Mengintip Situs Corona di Bawah Komando Satgas Arahan Jokowi

PT. BESTPROFIT FUTURES

fcf0e4e1-23cf-4068-bf52-1633a3c26413_169

PT. BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN – Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo membentuk Gugus Tugas Penanganan Corona yang dipimpin oleh Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo. Satgas ini akhirnya meluncurkan situs covid19.go.id. Situs itu dikelola oleh BNPB dan memiliki sejumlah fitur mulai dari langkah penting mencegah penyebaran virus corona SARS-Cov-2 sampai daftar hoaks soal Covid-19. BESTPROFITBeranda
Pada halaman beranda, terpampang jelas seruan, “Virus Corona COVID-19. Lindungi Diri Lindungi Sesama” lalu diikuti dengan ilustrasi seseorang yang sedang mencuci tangan di bawah air mengalir.

Langkah Penting
Beralih ke fitur Langkah Penting. Fitur ini berisi tiga langkah penting yang mesti diketahui masyarakat di tengah wabah virus corona SARS-Cov-2.
Pertama cara melindungi diri dari virus, lalu bagaimana mengetahui informasi yang benar terkait Covid-19, dan hal yang perlu diketahui jika Anda diduga terkena gejala Covid-19.

Pada opsi Ketahui Cara Mengurangi Risiko, pengelola membeberkan enam tips menjaga kebersihan diri yaitu:

1. Sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik.
2. Cuci tangan pakai sabun saat tiba di rumah, tempat kerja atau sekolah, sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, dan setelah menggunakan toilet.
3. Gunakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) minimal mengandung alkohol 60 persen, jika di sekitar Anda tidak tersedia sabun dan air mengalir.
4. Tutup mulut dan hidung dengan siku terlipat saat batuk atau bersin. Anda juga bisa menggunakan tisu, lalu buang lah ke tempat sampah.
5. Jaga jarak paling sedikit satu meter dengan orang.
6. Hindari menyentuh wajah karena mulut, hidung, dan mata dapat menjadi pintu masuk virus.

Lalu, situs covid19.go.id juga menjelaskan soal Social Distancing (Kurangi Kontak Langsung), misalnya hindari pertemuan besar (lebih dari 10 orang). Pada opsi Ketahui Informasi yang Benar, masyarakat diminta untuk mengikuti pemberitaan terbaru Covid-19 dan dihimbau untuk tidak langsung mempercayai informasi tanpa memverifikasi terlebih dahulu ke pusat informasi yang terpercaya. PT. BESTPROFIT

Terakhir, opsi Ketahui Apa yang Perlu Dilakukan Bila Sakit, pengelola menjelaskan tidak selamanya gejala demam, rasa lelah, dan batuk kering otomatis Anda positif Covid-19. Pengelola menyarankan jika Anda merasa tidak sehat, demam, lelah, bahkan sampai batuk kering, istirahat lah yang cukup di rumah dan banyak minum air putih. Jika keluhan berlanjut atau disertai dengan kesulitan bernapas, Anda disarankan untuk segera berobat ke rumah sakit.

Saat tiba di rumah sakit yang ada di sekitar wilayah tempat tinggal Anda, tenaga kesehatan akan melakukan screening suspect. Jika memenuhi kriteria suspek Covid-19, Anda akan dirujuk ke salah satu rumah sakit rujukan. Untuk Anda yang sehat, namun jika dalam 14 hari terakhir Anda melakukan perjalanan ke negara terjangkit Covid-19 atau merasa pernah kontak dengan penderita, segera hubungi Hotline Center Corona 119 ext 9. Masih di dalam opsi yang sama, pengelola menjelaskan secara rinci mitos dan fakta soal masker, dan bagaimana memakai masker yang tepat.

Info Penting
Di dalam fitur Info Penting, satgas mengunggah beberapa artikel seperti “Apakah “social distancing” itu?” sampai pidato Presiden Joko Widodo soal penanganan virus corona Covid-19. PT. BEST PROFIT

Materi Edukasi
Satgas Gugus Penanganan Corona juga menyediakan materi edukasi soal virus corona SARS-Cov-2 yang dapat diunduh secara gratis dan dapat disebarluaskan.

Misalnya, materi soal Panduan Virus Corona Bagi Pengusaha dan Bisnis seperti,

1. Sampaikan pada karyawan sakit agar istirahat di rumah meski hanya demam ringan, batuk atau pilek.
2. Bila memungkinkan, atur agar karyawan bekerja dari rumah.
3. Hindari pertemuan besar.
4. Pastikan karyawan mencuci tangan pakai sabun dan di bawah air mengalir.
5. Siapkan dispenser cairan pembersih tangan di tempat-tempat penting seperti dekat pintu masuk atau keluar.
6. Pastikan sabun dan air mengalir tersedia di toilet.
7. Identifikasi orang-orang berisiko dan bersama mereka, diskusikan opsi-opsi bekerja (misal kerja dari rumah).
8. Buat kebijakan yang memungkinkan karyawan bekerja dari rumah.
9. Hindari perjalanan bisnis ke luar negeri.
10. Pasang poster pencegahan Covid-19 di tempat kerja.
11. Bersihkan permukaan benda secara teratur.

Tanya Jawab
Fitur Tanya Jawab ini memungkinkan masyarakat mengetahui jawaban dari tiap pertanyaan terkait Covid-19, misalnya apa saja tanda atau gejala infeksi virus corona.

Hoaks Buster
Fitur Hoaks Buster dibuat untuk menjelaskan secara rinci apa saja hoaks yang muncul di tengah masyarakat berikut penjelasan atau fakta yang sebenarnya. Salah satu informasi palsu yang sempat heboh di media sosial adalah salah satu punggawa Juventus, yakni Christiano Ronaldo disebut menyulap hotel miliknya untuk dijadikan rumah sakit darurat Covid-19. Faktanya, pria asal Portugal itu tidak pernah menyatakan bahwa ia mengubah hotel pribadinya menjadi rumah sakit khusus pasien Covid-19.

Sebelumnya, pemerintah pusat diminta untuk membuat aplikasi khusus seperti di Korea Selatan atau membuat peta penyebaran virus corona dalam skala nasional seperti yang sudah dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta dan Jawa Barat. Namun, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Plate mengatakan hal tersebut akan dilakukan oleh satgas di bawah komando Doni Monardo. Selain itu, pemerintah pusat juga meminta publik bisa mengandalkan situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Belakangan, sejumlah netizen malah ‘mengejek’ tampilan situs yang disajikan Kemenkes yang masih menjadi andalan pemerintah pusat. Netizen mengeluhkan situs infeksiemerging.kemkes.go.id terkadang tidak bisa diakses. Beberapa netizen juga mengeluhkan situs Kemenkes yang tidak ‘user friendly’ jika dibandingkan dengan tampilan situs Pemprov DKI Jakarta atau Jawa Barat. BEST PROFIT

Sumber : cnnindonesia