Best Profit Futures Banjarmasin

Huawei Bangun Jaringan Berbasis SDN untuk Semen Indonesia

PT. BESTPROFIT FUTURES

34fa0d80-68fe-4921-b692-24cffd491f3e_169

PT. BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN – Sejak mulai beroperasi pada tahun 1957, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, atau Semen Indonesia menjadi salah satu produsen semen terbesar di Asia Tenggara. Kini perusahaan yang berkantor pusat di Gresik, Jawa Timur ini berencana untuk membuka kantor baru di Jakarta. BESTPROFIT
Dalam menghadapi pertumbuhan bisnis yang begitu cepat, Semen Indonesia berharap dapat meningkatkan otomatisasi dan digitalisasi dengan infrastruktur TIK yang optimal. Dengan demikian, infrastruktur TIK yang ada perlu direnovasi. Transformasi infrastruktur TIK harus menghindari gangguan layanan untuk mencegah kerugian finansial. Sebab jika layanan terganggu selama setengah jam, maka kerugian finansial akan mencapai US $ 100.000 (Rp1,45 miliar). PT. BESTPROFIT

Infrastruktur TIK yang ditingkatkan harus mengurangi kompleksitas jaringan. Selain itu, infrastruktur TIK baru ini harus tahan masa depan dan memenuhi kebutuhan pengembangan layanan selama tiga hingga lima tahun ke depan. Sebelumnya, layanan Semen Indonesia menggunakan pusat data tunggal untuk beroperasi. Jika pemadaman pusat data berlangsung lebih dari dua jam, transaksi bisnis akan terhambat, pembuatan dan distribusi akan tertunda, dan infrastruktur dan sistem TI akan rusak.

Untuk meningkatkan layanan TIK untuk kelangsungan bisnis, perusahaan ini memprakarsai proyek pusat data aktif-aktif. Infrastruktur pusat data baru harus menggunakan teknologi terbaru dan memastikan keamanan, keandalan, dan kontinuitas data.

Pusat data aktif-aktif Semen Indonesia harus memiliki:
1. Infrastruktur pusat data aktif-aktif antara DC1 dan DC2 untuk aplikasi Tier-1, dan siaga-aktif antara DC1 dan DC2 untuk aplikasi Tier-2.
2. Otomatisasi berbasis jaringan (SDN) berbasis perangkat lunak.
3. Migrasi Mesin Virtual (VM) yang lancar dalam satu pusat data tunggal dan melintasi beberapa pusat data.
4. Perlindungan keamanan jaringan yang kuat dengan Intrusion Prevention System (IPS), kemampuan antivirus, manajemen bandwidth, kebijakan keamanan firewall, dan fitur grup keamanan.
5. Network load-balancing.
6. Dukungan bukti masa depan untuk persyaratan perangkat lunak dan perangkat keras untuk minimum lima tahun ke depan.

Setelah penilaian situasi dan persyaratan Semen Indonesia, Huawei mengusulkan CloudFabric Active-Active Data Center Solution yang menggunakan teknologi SDN untuk menghindari kegagalan pusat data situs tunggal dan memastikan kesinambungan dan ketersediaan layanan utama.

Tim ahli Huawei membantu Semen Indonesia untuk menyortir layanan mereka dan mendefinisikan kembali jaringan mereka menggunakan switch CE-series Huawei yang menampilkan arsitektur spine-leaf dan teknologi SDN, Next-Generation Firewalls (NGFWs), server seri-RH, serta penyimpanan. Semua beroperasi pada platform cloud tunggal. PT. BEST PROFIT

Solusi holistik Huawei berinteroperasi dengan produk dan solusi lama, meminimalkan biaya proyek, dan mengurangi Total Biaya Kepemilikan (TCO). Huawei juga menyediakan solusi migrasi pusat data lengkap untuk memastikan migrasi layanan yang lancar dan menghindari kerugian yang disebabkan oleh gangguan layanan.Solusi berkemampuan SDN Huawei menyebarkan Jaringan Area Lokal Virtual Extensible (VXLAN) untuk menyiapkan pusat data aktif-aktif dan memastikan kelancaran migrasi VM di antara pusat data.

Jaringan pusat data baru memiliki area fungsional berikut: Border Zone, Core Zone, Product Zone, dan Management Zone.
1. Border Zone: Menyediakan akses Internet, konektivitas bank pihak ketiga, dan konektivitas kantor cabang.
2. Core Zone: Menyediakan routing dan interkoneksi antar zona lain, serta antar pusat data.
3. Product Zone: Menentukan sumber daya layanan dan sumber daya jaringan menggunakan teknologi SDN.
4. Management Zone: Mengelola semua perangkat melalui antarmuka out-of-band.

Solusi CloudFabric Huawei membantu Semen Indonesia membangun jaringan pusat data berbasis SDN. Melalui konfigurasi jaringan otomatis dan layanan nilai tambah L4-ke-L7 yang ditambahkan (seperti firewall dan load-balancers) untuk jaringan aplikasi sesuai permintaan, jaringan baru ini menerapkan Network-as-a-Service (NaaS) untuk peningkatan substansial layanan efisiensi penyebaran sementara O&M jaringan disederhanakan.

Solusi Pemulihan Bencana (DR) dan cadangan yang sangat andal dari Huawei sangat meningkatkan ketersediaan dan keamanan sistem jaringan inti Semen Indonesia. Selain itu, migrasi dari sistem lama ke sistem baru dengan interoperabilitas yang efisien adalah bebas gangguan. Solusi Huawei memastikan evolusi yang lancar dan akan mendukung kebutuhan layanan Semen Indonesia selama lima tahun ke depan. BEST PROFIT

Solusi Huawei menguntungkan Semen Indonesia dalam sejumlah cara nyata. Sebagai contoh:
1. Pusat data yang sangat tersedia memberikan layanan yang lebih stabil dan andal, untuk menghilangkan risiko gangguan layanan.
2. Dukungan SDN memastikan keinovatifan dan skalabilitas sistem TI.
Desain DR layanan berlapis, optimalisasi mendalam pada sistem TI, dan O&M yang lebih efisien memaksimalkan Return On Investment (ROI).

Sumber : cnnindonesia