Best Profit Futures Banjarmasin

Forbes Sebut TikTok Medsos ‘Pengganggu’, Paling Inovatif 2020

PT. BESTPROFIT FUTURES

963160a6-c386-4ef0-9b58-12275df513fc_169

PT. BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN – Jejaring sosial berbagi video dan musik asal China, TikTok kini kian ramai digandrungi sebagian besar masyarakat jagat maya. Forbes kemudian merilis TikTok sebagai media sosial paling inovatif 2020. Forbes juga merilis 7 daftar pengguna TikTok yang meraih pendapatan tertinggi di dunia pada 2020. Pada Oktober 2019 lalu TikTok menjadi aplikasi hiburan terpopuler di AppStore Indonesia. Aktif di media sosial untuk berhubungan dengan teman, keluarga, dan rekan kerja selama karantina mandiri Covid-19 sejak awal 2020 disebut membuat TikTok dinilai kian meroket. BESTPROFIT


TikTok Dijuluki Inovasi Disruptif
Kompetisi inovasi media sosial seperti Instagram hingga Facebook dinilai semakin berat di tahun 2020 imbas kedatangan kompetitor baru yang memiliki jejaring sosial video dan musik TikTok. Jejaring sosial ini memiliki 55 juta pengguna pada 2018, lalu melonjak jadi 690 juta pengguna diseluruh dunia pada tahun 2020 ini.

Walhasil, aplikasi ini dinilai menjadi pusat budaya di internet, yang mana dapat menghasilkan semacam meme berbasis video dengan menampilkan cuplikan lagi, aksi fisik dan tarian koreografer dengan latar lagu yang di-remix. Klip pendek hasil TikTok sering dikonsumsi penggunanya dengan santai di ruang tamu, hingga di kamar tidur. Jauh berbeda dengan Instagram yang hasilnya dikurasi dengan maksimal oleh penggunanya. Berbeda pula dengan Youtube, yang dinilai lebih memiliki durasi yang panjang untuk menikmati suguhan media sosial tersebut. Brianne Kimmel, seorang pemodal yang berfokus pada teknologi konsumen dan media sosial menilai hal tersebut yang menjadi pendorong popularitas TikTok. BEST PROFIT

“Ini benar-benar menurunkan standar kreasi,” ujar Brian kepada Forbes.

Pada tahun 2019 lalu, Instagram meluncurkan video Reel dalam bentuk pendek, yang membuatnya harus membayar hingga 1 Juta dollar AS per harinya untuk mendorong penggunanya terus mempublikasikan konten ke publik, yang disebut-sebut menjiplak fitur TikTok. Langkah untuk menjiplak juga dilakukan oleh Snapchat. Namun upaya Instagram dan Snapchat nampaknya kurang peminat. Atas fakta itu, Tiktok dijuluki inovator disruptif karena mampu menciptakan pasar baru dan mengganggu pasar media sosial yang sudah ada.

Melalui popularitas TikTok, Forbes juga merilis daftar penggunanya yang meraih pendapatan tertinggi di dunia. Berikut deretan bintang TikTok yang berpenghasilan tinggi versi Forbes.

1. Addison Rae
Ia merupakan bintang TikTok urutan pertama yang memiliki penghasilan tertinggi, yaitu 5 juta dollar AS atau senilai Rp54,1 miliar yang berhasil didapatkan dalam kurun waktu 12 bulan. Pendapatan fantastis ini Ia dapatkan berkat 54 juta pengikutnya. Ia mendapat penawaran khusus untuk membuat dagangan dengan mereknya sendiri, dengan brand bernama “Item Beauty”. Tidak hanya itu, Ia juga mendapatkan konten bersponsor dari brand kenamaan seperti Reebok dan perusahaan jam tangan Daniel Wellington yang secara keseluruhan menjadi penyumbang dua per tiga dari pendapatanya secara keseluruhan. PT. BESTPROFIT

2. Charli D’Amalio
Bintang TikTok ini menjadi salah satu artis berpenghasilan tinggi yang berusia 16. Konten videonya viral saat musim gugur lalu, setelah memporting kontenya pada Juni 2019. Serangkaian video tariannya menjadi viral dan tidak lama kemdia penyanyi Babe Rexha menggundangnya untuk bergabung dalam pembukaan Jonas Brother di Barclay Center, Brooklyn. Popularitasnya kian meroket, hingga Ia menjadi bintang tamu di reality show AS, Tonight Show. Ia belakangan diketahui telah menandatangani kontrak dengan perusahaan kosmetik EOS, dan telah meraup pendapatan 4 juta dollar AS atau senilai Rp58,8 miliar dalam kurun waktu kurang dari 12 bulan.

3. Dixi’e de Amelio
Dixi’e de Amelio merupakan kakak dari Charli D’Amalio. Dixie meraih ketenarannya karena hubungan erat persaudaraan dengan saudara perempuannya. Ia memiliki aset pengikut sebanyak 32 juta pengikut dalam beberapa bulan terakhir, dan memiliki total pendapatan 2,9 juta dolla AS per tahun atau senilai Rp17,6 miliar. D’Amelios menandatangani kesepakatan bersama dengan perusahaan pakaian Hollister dan Morphe, sebuah perusahaan kosmetik. Dixie, Selain itu, Ia berkarier sendiri dan merilis single pertamanya yang berjudul “Be Happy” pada bulan Juni. Video ini telah mengumpulkan 58 juta penonton saat diluncurkan dan menjadi video trending No. 1 di YouTube.

4. Loren Grey
Bintang TikTok ini berhasil meraup untung 2,6 juta dollar AS atau setara Rp38 miliar, saat Ia tengah menjalin kerja sama dengan perusahaan kosmetik Revlon. Saat ini fokus utamanya adalam membuat konten untuk akun TikTok perusahaan kosmetik tersebut. Grey memiliki penggemar terbesar di TikTok, yang kemudian membawanya menjalin kerja sama dengan Hyundai, Burger King dan Skechers.

5. Josh Richards
Josh memiliki pendapatan keuntungan 1,6 juta dollar AS atau senilai Rp22 miliar. Layaknya bintang TikTok lainnya, Ia juga telah menandatangani kontrak dengan perusahaan Reebok dan House Party. Ia juga bergabung dengan jaringan media sosial pesaing TikTok yang bernama C-suite Trailler sebagai kepala strategi pemasaran. Kesepakatan tersebut memberinya kompensasi dengan saham ekuitas di awal pendiriannya. Tidak hanya itu ia juga mendirikan manajemen bakat yang bernama TalentX, dan mendirikan bisnis minuman yang bernama Ani Energy. PT. BEST PROFIT

6. Michael LE
Bintang TikTok selanjutnya ialah Michael LE yang memiliki penghasilan 1,2 juta dollar AS atau senilai Rp17,6 miliar dalam waktu setahun. Le manggungah dua video yang menampilkan dirinya yang sedang menari di eskalator bersama adik laki-lakinya yang masih berusia 5. Video tersebut dianggap menjadi salah satu unggahan yang paling banyak dibagikan di aplikasi TikTok.

7. Spencer X
Spencer X berhasil meraup keuntungan sekitar 1,2 juta dollar AS atau senilai Rp17,6 miliar. Ia baru mengunggah kontennya pada 2019 lalu. Berkat kepopulerannya di TikTok, Ia mendapatkan sponsor dari Uno, Oreo, dan Sony dengan nilai yang terbilang banyak. Sejak masih anak-anak, Spencer telah bermimpi untuk menjadi seorang beatboxer. Ia mempelajari serangkaian video beatbox dari YouTube untuk mewujudkan mimpinya itu.

Sumber : cnnindonesia