Best Profit Futures Banjarmasin

Dolar tersungkur ke level terendah dalam 2,5 tahun terakhir

PT BESTPROFIT FUTURES – New York (ANTARA News) – Dolar AS terhempas ke level terendah dalam dua setengah tahun terakhir terhadap euro, Senin waktu setempat, karena terdorong oleh semakin konservatifnya Bank Sentral Eropa (ECB). Dolar AS juga sempat menyentuh level terendah dalam enam pekan terakhir terhadap yen, terutama karena kekhawatiran inflasi rendah di AS.

Euro merangsek 0,4 persen terhadap dolar AS menjadi 1,1797 dolar AS yang merupakan level paling tinggi sejak Januari 2015. – PT BESTPROFIT

BEST PROFIT – Para analis mengatakan data inflasi zona euro untuk Juli menunjukkan ECB akan terus menjalankan kebijakan moneter ketat.  ECB memasang target inflasi di bawah dua persen.

“Ruang bagi ECB untuk terus menyanggah bahwa ekonomi tengah membaik tampaknya menyempit” kata Thierry Wizman dari Macquarie Group Ltd di New York. – BESTPROFIT

Dolar juga menyentuh 110,32 yen yang merupakan level paling rendah sejak 15 Juni silam.  Dolar terhempas karena lemahnya data inflasi AS yang membuat Federal Reserve tak bisa lagi menempuh kebijakan yang konservatif, apalagi data upah AS naik lebih tinggi dari perkiraan triwulan kedua, demikian Reuters.

New York,  Kurs dolar AS melemah terhadap sebagian besar mata uang utama lain pada Rabu, setelah The Federal Reserve Amerika Serikat memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga acuannya tidak berubah.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, turun 0,33 persen menjadi 93,739 pada perdagangan akhir menurut warta kantor berita Xinhua.

Pada akhir perdagangan New York, euro naik menjadi 1,1700 dolar AS dari 1,1649 dolar AS, dan pound Inggris naik menjadi 1,3094 dolar AS dari 1,3034 dolar AS. Dolar Australia menguat menjadi 0,7972 dolar AS dari 0,7936 dolar AS.

Dolar AS dibeli 111,44 yen Jepang, lebih rendah dari 111,82 yen pada sesi sebelumnya. Dolar AS meningkat menjadi 0,9530 franc Swiss dari 0,9513 franc Swiss, dan turun tipis menjadi 1,2483 dolar Kanada dari 1,2518 dolar Kanada.

The Fed membiarkan suku bunga acuannya tidak berubah seperti yang diperkirakan pada Rabu , setelah mengakhiri pertemuan kebijakan moneter dua harinya. Tetapi, bank sentral Amerika Serikat memberi sinyal berkenaan dengan awal rencana pengurangan neracanya “relatif segera”.