Best Profit Futures Banjarmasin

Deretan Klaim Palsu Donald Trump Soal Industri Otomotif

PT. BESTPROFIT FUTURES

2b200904-251e-4e8c-abb7-57a584f67bb4_169

PT. BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan klaim palsu soal industri otomotif saat sedang kampanye Pilpres AS 2020 di Michigan, negara bagian yang unggul soal industri. Selain itu Trump juga mengatakan hal yang tidak sebenarnya tentang industri pada Minggu di Twitter dan saat kampanye di Macomb County. BESTPROFIT

Tim cek fakta CNN.com telah mengumpulkan berbagai pernyataan keliru yang diungkap Trump soal industri otomotif, berikut ulasannya:
Pekerja otomotif saat era Presiden Obama
Trump mengatakan melalui Twitter, saat dia menjadi presiden Michigan tengah mengalami krisis produsen otomotif dan pekerjanya. Faktanya tidak benar krisis itu terjadi pada pemerintahan Obama. Dalam periode antara sebulan setelah Obama berkantor di Gedung Putih, pada Februari 2009, hingga sebulan terakhir sebelum lepas jabatan, Desember 2016, Michigan telah menambah 11.700 pekerja manufaktur kendaraan dan 45.300 pekerja manufaktur suku cadang. PT. BESTPROFIT

Dilaporkan belum ada kebangkitan pekerjaan manufaktur kendaraan di Michigan sejak Trump menjadi presiden. Bahkan sebenarnya hal itu mengalami kemunduran pada masa Trump yang sudah dimulai sebelum pandemi Covid-19. Ada 40.300 pekerjaan manufaktur kendaraan di Michigan per Februari 2020, turun 2.100 pekerjaan dari Februari 2017, bulan pertama Trump menjadi presiden.

Pabrik otomotif di Michigan
Trump mengklaim saat kampanye, “Anda tidak punya satupun pabrik otomotif empat tahun yang lalu”. Faktanya, Michigan yang sudah menjadi lokasi produksi kendaraan selama 100 tahun, tidak pernah berhenti menambah pabrik semasa pemerintahan Obama. Ada 13 perakitan mobil dan truk baru di Michigan pada Desember 2016, bulan terakhir Obama sebagai presiden menurut Automotive News. Pada Oktober 2020 jumlah 13 pabrik itu masih ada.

Jepang dan pabrik otomotif Michigan
Trump bercerita di kampanye Macomb County soal bagaimana dia menekan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe agar memerintahkan lima perusahaan Jepang mengumumkan pada ‘esok hari’ bahwa mereka ‘pindah ke Michigan’. Catatan terkait hal ini, Trump tidak eksplisit mengatakan lima perusahaan itu sektor otomotif, tetapi sebelumnya Trump sedang membahas tentang otomotif.

Faktanya cerita itu tidak benar, tidak ada satu hari pun saat Trump menjadi presiden ada lima perusahaan otomotif Jepang yang mengumumkan pindah ke AS atau bahkan Michigan. Toyota sebenarnya sudah mengumumkan menambah investasi US$749 juta pada 2019 ke AS, namun ini hanya satu perusahaan dan itu pun bukan untuk Michigan. PT. BEST PROFIT

Sejarah pabrik otomotif di Michigan
Trump mengatakan di kampanye Macomb County, “Tidak ada pabrik baru yang dibangun di Michigan selama beberapa dekade dan satu dekade sebelum saya ada di sini”. Di Pennsylvania Trump juga mengklaim sudah 42 tahun tak ada pabrik otomotif baru di Michigan. Faktanya, menurut Kristin Dziczek, Wakil Presiden Center for Automotive Research yang berbasis di Michigan, General Motors membuka pabrik baru pada 2006.

Pabrik otomotif semasa Trump
Trump mengklaim di Twitter bahwa di bawah kepemimpinannya sudah banyak pabrik berdiri . Faktanya, hanya ada tiga komitmen pembangunan pabrik baru di Michigan saat Trump menjadi presiden. Salah satunya adalah pabrik besar milik Fiat Chrysler Automobiles. Dua lainnya pabrik skala kecil, yakni Waymo yang berencana memproduksi kendaraan otonom dan perusahaan Prancis Navya yang membuka pabrik bus.

Industri otomotif ‘mati’
Pada awal Oktober, Trump mengatakan pemerintahan yang lalu membunuh industri otomotif AS. Dia mengatakan dirinya penyelamat sebab sebelumnya dikatakan sudah ‘mati’. Faktanya, seperti penjelasan di atas, industri otomotif jauh dari kata ‘mati’. Administrasi Obama dan George W. Bush disebut sudah membantu industri otomotif keluar dari krisis ekonomi pada 2008 dan 2009. BEST PROFIT

Sumber : cnnindonesia

Tinggalkan Balasan