Best Profit Futures Banjarmasin

Cukai Plastik Kemasan Minuman Bisa Rugikan Negara Rp 528 M

47300_620

PT.BEST PROFIT FUTURES – Pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia Eugenia Mardanugraha memperkirakan pemerintah akan mengalami kerugian hingga Rp 528 miliar dalam satu tahun bila tetap memberlakukan cukai pada kemasan plastik minuman.

“Pemerintah memang mendapatkan penerimaan cukai. Namun, di sisi lain, pemerintah akan rugi akibat kehilangan penerimaan pajak lainnya,” ujar Eugenia dalam diskusi bersama Forum Lintas Asosiasi Industri Produsen dan Pengguna Plastik (FLAIPPP) di Menara Kadin, Jakarta, Selasa, 28 Juni 2016.

Eugenia mengatakan konsumsi masyarakat terhadap minuman berkemasan plastik menyentuh 20 miliar botol per tahun. Dengan skema tarif cukai gelas plastik sebesar Rp 50 dan botol plastik sebesar Rp 200, maka pemerintah akan mendapatkan penerimaan cukai sebanyak Rp 1,91 triliun per tahun. PT.BEST PROFIT FUTURES
Namun, ia melanjutkan, pemungutan cukai ini berpotensi menurunkan minat konsumen untuk membeli. “Pemungutan cukai ini akan memicu kenaikan harga minuman kemasan yang kemudian berdampak pada penurunan daya beli masyarakat dan penurunan penjualan,” kata Eugenia.

Dengan demikian, pemerintah akan kehilangan penerimaan pajak lainnya, yakni pajak penjualan minuman sebanyak Rp 2,44 triliun per tahun. Pajak itu terdiri dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPh).

Eugenia menuturkan pemungutan cukai bisa membuat kenaikan harga minuman kemasan mulai dari empat persen hingga 27 persen. Ini dapat memicu penurunan permintaan akan minuman kemasan botol plastik hingga 19 persen.

“Sama seperti pajak, cukai akan menurunkan daya beli masyarakat,” kata Eugenia. Ia menjabarkan, penurunan daya beli ini akan berdampak pada menurunnya penjualan perusahaan yang akhirnya menurunkan pendapatan pemerintah dari pajak yang lain.

Itu sebabnya, ia ingin agar pemerintah mengkaji kembali rencana tersebut. Terlebih, kata dia, infrastruktur saat ini juga belum siap. Menurut Eugenia, seharusnya yang diberi cukai ialah barang yang dikonsumsi oleh masyarakat kelas atas agar efek domino penurunan pendapatan pemerintah tidak terjadi.

Pemerintah berencana mengenakan pungutan cukai terhadap kemasan botol plastik sebesar Rp 200 per botol. Langkah ini dianggap bisa mengurangi sampah botol plastik.- PT.BEST PROFIT FUTURES

sumber : tempo.co