Best Profit Futures Banjarmasin

Cokelat ternyata ampuh sembuhkan batuk

0_0_1200_800_92d80b9d43cf6d98078e33bbaad0f36a7544dd91

PT.BEST PROFIT FUTURES – Musim hujan seperti sekarang ini membuat tubuh rentan terhadap infeksi, seperti batuk. Batuk terus-menerus dapat membuat dada sakit dan tubuh lemas. Jika tidak segera ditangani, infeksi ini mungkin dapat menimbulkan penyakit lain. Berbagai jenis obat dicoba untuk menghentikan batuk.

Sebuah studi membuktikan bahwa cokelat ternyata lebih efektif meringankan batuk daripada obat tradisional seperti perasan lemon yang dicampur madu dan obat kimia yang selama ini banyak digunakan.

Ahli kesehatan menyebutkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam kakao ternyata mempunyai kemampuan untuk menekan batuk parah dan kronis.

Situs Daily Mail mewartakan bahwa para penderita batuk sekarang sebaiknya melupakan minum obat-obatan kimia dan menggantinya dengan obat berbahan baku cokelat yang ternyata lebih efektif untuk menyembuhkan penyakit itu.

Profesor Alyn Morice, dari University of Hull, mengatakan bahwa cokelat memang obat terbaik untuk meredakan batuk. Sebagai anggota dari International Society for the Study of Cough, Morice telah bertahun-tahun meneliti obat yang paling ampuh untuk penderita batuk.

Morice mengatakan bahwa studi terbesar yang pernah dilakukan terhadap obat-obatan yang dijual bebas membuktikan bahwa produk yang mengandung cokelat merupakan obat paling efektif untuk menyembuhkan batuk.

Obat yang mengandung cokelat mengalahkan obat-obatan tanpa cokelat karena mampu menghilangkan batuk hanya dalam dua hari. Morice menandaskan bahwa studi itu belum akan diterbitkan dalam 12 bulan mendatang, namun dia mengingatkan bahwa hasil penelitian itu tentu akan menggembirakan para pecinta cokelat. – BEST PROFIT

Menurut situs Medical Daily, sebuah studi pada 2012 yang dilakukan oleh National Heart and Lung Institute di Inggris menunjukkan bahwa cokelat ternyata lebih efektif untuk menyembuhkan batuk daripada obat kimia yang banyak digunakan masyarakat.

Studi itu melibatkan 300 peserta dari 14 rumah sakit umum di Inggris. Para peneliti menemukan bahwa 60 persen pasien yang diberi senyawa cokelat theobromine merasakan lega dari batuk yang dideritanya.

“Makan sebatang cokelat sehari yang mengandung senyawa itu mungkin juga efektif untuk orang didiagnosis menderita batuk terus-menerus, meskipun makan cokelat setiap hari akan berdampak pada naiknya bobot tubuh,” ujar Morice seperti dikutip dari EverydayHealth.com.

Meskipun studi 2012 di Inggris itu telah mengungkap manfaat senyawa kimia yang ada di dalam cokelat, riset terbaru sekarang memusatkan perhatian pada bentuk cair dari cokelat yang lebih kental dan lebih menempel di tenggorokan daripada sirop batuk yang encer.

Studi terbaru yang dilakukan Morice dilakukan hanya pada obat-obatan berbahan cokelat dibandingkan dengan obat-obatan berbahan lemon. Morice mengatakan kekentalan cokelat mungkin lebih baik dalam melapisi tenggorokan sehingga bisa menekan batuk dalam jangka waktu yang lebih lama.

“Ini berarti cokelat lebih lengket dan lebih kental daripada obat batuk standar, sehingga bisa membentuk lapisan yang melindungi ujung saraf di tenggorokan yang biasanya memicu terjadinya batuk,” kata Morice.

Morice menekankan bahwa dengan hanya minum cokelat panas tidak akan cukup untuk menekan batuk. Dia mengatakan bahwa mengunyah sebatang cokelat akan lebih menyembuhkan daripada meminum cokelat panas.

Namun dia mengatakan bahwa obat berbahan cokelat dengan diphenhydramine, levomenthol dan ammonium klorida adalah yang paling efektif. Oleh karena itu, kini para pecinta cokelat bisa memilih obat berbahan cokelat untuk menyembuhkan batuk yang mereka derita. – BEST PROFIT

sumber : beritagar.id