Best Profit Futures Banjarmasin

BESTPROFIT – Urin berdarah adalah tanda awal dari batu ginjal?

batu-ginjall

PT BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN

Batu ginjal merupakan salah satu gangguan saluran kemih yang paling umum. Disebut batu karena memang bentuknya material keras yang menyerupai batu yang terdapat di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari limbah di dalam darah yang dipisahkan ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu. Penyebabnya bisa makanan atau masalah kesehatan lain.

Jenis, bentuk dan ukuran batu dapat sangat bervariasi dan paling sering terjadi pada orang berusia 20-40 tahun.

Batu-batu kecil biasanya keluar bersama urin tanpa gejala, namun batu-batu besar dapat menghalangi uretra menyebabkan sakit yang parah. Hal ini terjadi ketika batu terjebak dalam tabung yang menghubungkan kandung kemih ke ginjal, yang dikenal sebagai ureter. Berikut adalah beberapa gejala batu ginjal:

Nyeri pada ginjal
Ketika batu terjebak dalam ginjal dapat menyebabkan nyeri pada sisi perut yang terkena. Nyeri juga bisa terjadi di area belakang tubuh, kedua sisi tubuh, pangkal paha, dan alat kelamin. Rasa sakit bisa begitu parah sehingga banyak orang menyebutnya sebagai rasa sakit terburuk dalam hidup mereka.

Kolik ginjal
Nyeri ini bisa datang dan pergi atau tetap. Penyebabnya adalah batu bergerak di dalam ginjal. Anda mungkin akan berkeringat atau merasa nyeri. Mengubah posisi tubuh tidak mengurangi rasa sakit.

Darah dalam urin
Jika Anda urin Anda berdarah disertai sakit perut saat berkemih, itu bisa jadi tanda batu ginjal. Batu bergesekan dengan bagian dalam ureter sehingga menyebabkan perdarahan.

Infeksi
Orang dengan batu ginjal sering memiliki infeksi saluran kemih yang ditandai dengan demam dan nyeri saat berkemih.

Tanda-tanda awal batu ginjal

1. Sering dan nyeri buang air kecil merupakan tanda awal dari batu ginjal. Anda merasa sangat ingin berkemih tapi ketika melakukanya, urin yang keluar hanya sedikit.

2. Mual dan muntah adalah tanda-tanda awal dari batu ginjal. Alasannya adalah ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, satu-satunya cara bagi tubuh Anda untuk mengusir limbah adalah melalui muntah.

3. Urin berbau menyengat. Disertai dengan perubahan warna, urin menjsdi berwarna keruh sebagai akibat kelebihan bahan kimia dan racun.

4. Sulit duduk. Duduk atau berbaring bisa membuat Anda bertambah nyeri, karena posisi itu menempatkan lebih banyak tekanan pada daerah yang terkena.

Temui dokter Anda untuk gejala-gejala tersebut.

Ditinjau oleh: dr. Deffy Leksani Anggar

Sumber: http://meetdoctor.com/