Best Profit Futures Banjarmasin

BESTPROFIT – PM Prancis payudara lebih baik jadi simbol negara

BESTPROFIT

PT BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN

PM Prancis sebut payudara lebih baik jadi simbol negara, bukan hijab

Perdana Menteri Prancis Manuel Valls menuai kritik setelah dia mengatakan payudara yang telanjang lebih mewakili Prancis ketimbang hijab. Pernyataannya semakin membuat panas isu larangan burkini di Negeri Anggur.

Valls berbeda pandangan dengan menteri pendidikan karena dia mendukung wali kota yang memberlakukan larangan burkini di pantai.

Dalam pidato tadi malam dia memuji payudara telanjang Marianne, perempuan simbol nasional Republik Prancis.

“Marianne punya payudara telanjang karena dia memberi makan rakyat! Dia tidak berkerudung karena dia merdeka! Itulah republik!” kata dia berapi-api, seperti dilansir koran the Guardian.

Komentar Valss semacam ini sontak mendapat reaksi dari sejumlah politisi, sejarawan, dan kaum feminis.

Mathilde Larrere, sejarawan revolusi Prancis dan kewarganegaraan dalam akun Twitternya menanggapi Vals.

“Marianne bertelanjang dada itu adalah kiasan,” kata dia. – PT Bestprofit Futures

Sejarawan lain mempertanyakan wawasan Valls tentang sejarah republik Prancis. Sosok Marianne secara resmi menjadi simbol Republik Prancis pada 1848 setelah jatuhnya monarki. Gambar Marianne hingga kini masih muncul dalam dokumen resmi, termasuk di perangko.

Baca Juga : PM Prancis sebut burkini lambang perbudakan perempuan

Perdana Menteri Prancis Manuel Valls mengatakan pelarangan penggunaan burkini di negaranya merupakan sebuah hal yang baik untuk masa depan dunia. Valls menyebutkan, Prancis kini sedang bergelut dengan pertempuran budaya, di mana baju renang untuk muslimah itu digambarkan sebagai perbudakan perempuan.

“Kita harus mengobarkan perjuangan untuk melawan Islam radikal, salah satunya dengan menyaring ke publik simbol-simbol yang mereka gunakan seperti hijab, burka dan burkini,” ujar Valls, seperti dikutip dari koran Sydney Morning Herald, Jumat.

Valls menyatakan dukungannya pada pelarangan penggunaan hijab, burka dan juga burkini. Menurut dia ini bukan masalah rasis atau menggolong-golongkan agama, melainkan untuk kepentingan bersama.

Dengan tegas, PM Prancis ini menyebutkan burkini adalah lambang bagi perbudakan perempuan.

“Bagi saya burkini ini merupakan simbol dari perbudakan perempuan,” tegasnya.

Larangan penggunaan burkini di Prancis benar-benar terjadi. Kemarin ada foto beredar dimana beberapa polisi meminta seorang perempuan memakai burkini untuk membuka sebagian baju renangnya tersebut. Foto ini menjadi viral dan banyak menuai kritik, tak hanya di Prancis, tapi juga di beberapa negara Eropa, salah satunya Inggris. – merdeka.com

(Mr-Pt Bestprofit Futures)