Best Profit Futures Banjarmasin

BESTPROFIT – Penguatan Yen Jadi Sentimen Positif Laju Rupiah

yenn1

PT BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN

– Kepala Riset PT NH Korindo Securities Reza Priyambada mengatakan posisi yen yang sempat menguat hingga level 103.75 per dolar Amerika Serikat menjadi katalis utama pada perdagangan kemarin.

Laju rupiah yang hanya bergerak terbatas membuat pergerakan rupiah berada di persimpangan jalan, berbalik menguat atau melanjutkan tren pelemahannya.

Namun, kata Reza, melihat keadaan global yang lebih memilih yen ketimbang dolar Amerika diharapkan dapat dijadikan pertimbangan bagi investor untuk mengakumulasi rupiah, sehingga dapat kembali melanjutkan penguatannya. “Rupiah berada dalam rentang support 13.340 serta resisten 13.370. Tetap cermati sentimen yang ada,” ujar Reza Priyambada dalam pesan tertulisnya, Jumat, 17 Juni 2016.

Penguatan yen kemarin kembali mengkhawatirkan para pelaku pasar di tengah ketidakpastian global dengan adanya ancaman dari sentimen Brexit. Meski tingkat suku bunga The Fed tetap, dan Gubernur BoJ Haruhiko Kuroda memberikan pernyataan untuk tetap mengamati pergerakan yen dan akan memberikan tambahan stimulus bila diperlukan, tapi statement tersebut terlihat belum mampu untuk meredam laju indeks regional di kawasan Asia. – PT Bestprofit Futures

Jelang referendum Brexit, terlihat para pelaku pasar cenderung untuk mengambil langkah konservatif dengan mengakumulasi yen serta gold di tengah suku bunga Amerika yang tetap pada perdagangan kemarin.

Sentimen tersebut juga membuat laju EUR dan GBP cenderung melemah dan membuat laju USD menguat. Untungnya, keadaan tersebut tidak banyak berimbas pada laju rupiah di mana mampu bergerak positif jelang dirilisnya tingkat suku bunga BI rate yang diperkirakan akan turun.

sumber : investasi.kontan.co.id