Best Profit Futures Banjarmasin

BESTPROFIT – Menpora Kecewa Rio Haryanto Didepak Manor Racing

BESTPROFIT

PT BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi kecewa terhadap keputusan tim Formula 1 (F1) Manor Racing yang tidak lagi menggunakan pebalap asal Indonesia, Rio Haryanto, sebagai pebalapnya.

Dalam siaran persnya, Kemenpora kecewa karena Pemerintah Indonesia menghendaki agar Rio tetap berlaga di F1 hingga musim 2016 berakhir sebagaimana yang pernah dijanjikan oleh Direktur Manor Dave Ryan.

Mengenai masalah pendanaan yang menjadi penyebab lengsernya Rio dari kursi di mobil balap Manor, dijelaskan bahwa sejauh ini Menpora telah berusaha maksimal untuk memberikan bantuan.

Kemenpora sekaligus juga menyatakan akan mendukung partisipasi Rio di F1 musim selanjutnya setelah berkomunikasi dengan tim manajemen Rio.

Apresiasi pun diberikan Kemempora kepada semua pihak yang telah mendukung keikursertaan Rio di F1.

Berikut Pernyataan Kemenpora:
1. Kemenpora kecewa dengan keputusan tersebut, karena dalam surat Menpora Imam Nahrawi No. 2199/MENPORA/VII/2016 tertanggal 28 Juli 2016 perihal kelanjutan kiprah Rio Haryantodalam Grand Prix Formula – 1 tahun 2016 disebutkan, bahwa Pemerintah Indonesia tetap menghendaki agar Rio Haryantodapat terus mengikuti balapan hingga akhir sesi F-1 tahun 2016.

2. Sebagaimana yang pernah dijanjikan oleh Dave Ryan yang mewakili Manor Racing saat pertama-kali via video conference di Gedung PT Pertamina pada pertengahan bulan Pebruari 2016 menyebutkan, bahwa Rio Haryanto akan turut F-1 hingga full session tahun 2016.

Demikian pula dengan pernyataan Abdulla Boulsien pada saat kunjungannya ke Menpora pada tanggal 14 Juni 2016 yang mengatakan di depan para wartawan, bahwa kerjasama tentangRio Haryanto tidak hanya untuk keperluaan saat ini tetapi juga untuk 2 tahun mendatang.

3. Kemenpora memahami bahwa Manor Racing pada tanggal 18 Juli 2016 sudah mengirimkan surat kepada Menpora, yang pada intinya mengingatkan, bahwa jika tidak ada kepastian dukungan pendanaan untuk Rio Haryanto, maka balapan yang akan diikutiRio Haryanto hanya akan berakhir di Budapest tanggal 24 Juli 2016, dan setelah itu akan diganti oleh pembalap lain yang sudah dipersiapkan oleh Manor Racing.

4. Faktanya kemudian, Rio Haryanto masih bisa turut bertanding di Hockenheim – Jerman, dan untuk itu Menpora melalui suratnya tertanggal 28 Juli 2016 tersebut menyampaikan ucapan terima kasih dan sikap apresiasi kepada Manor Racing.

5. Kemenpora tidak dalam kapasitas menyetujui atau menolak tentang tawaran Manor Racing agar Rio Haryanto bersedia sebagai pembalap cadangan F-1 ini, karena itu hak sepenuhnya bagi Rio Haryanto dan timnya untuk memutuskannya.

6. Harapan pemerintah sejak semula tetap mengharapkan Rio Haryanto dapat terus bertanding full di F-1 tahun 2016 ini.

7. Sedangkan untuk persiapan partisipasi Rio Haryanto pada tahun-tahun mendatang, pemerintah tentu saja mendukung partisipasi tersebut.

8. Dukungan itu baru akan dibicarakan dengan tim managemenRio Haryanto setelah Kemenpora menerima laporan masalah tersebut dari tim managemen Rio Haryanto dan bersama membicarakannya.

9. Mengenai kelanjutan dukungan pendanaan, Kemenpora perlu menjelaskan bahwa sejauh ini Menpora sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membantu mengusahakan penyediaannya.

10. Kemenpora mengapresiasi tim managemen Rio Haryanto dan khususnya kedua orang tua Rio Haryanto serta managernya Piers yang telah mengorbankan finansial dan tenaga serta pikirannya untuk Rio Haryanto.

11. Apresiasi serupa juga Kemenpora sampaikan pada Pimpinan PT Pertamina yang telah berkontribusi sangat signifikan untuk kepentingan Rio Haryanto. Tanpa kontribusinya, Rio Haryantotidak mungkin berlaga di F-1 tahun ini.

12. Kemenpora akan berusaha memperbaiki mekanisme persiapan untuk partisipasi Rio Haryanto pada F-! tahun berikutnya jika memang masih ada peluang, paling tidak waktu persiapannya tidak terlalu singkat.

13. Kemenpora juga mengucapkan terima kasih kepada para Duta Besar RI dan Konjen RI dimana Rio Haryanto telah berlaga di sejumlah negara yang telah memberikan dukungan, bantuan dan mobilisasi suporter masyarakat Indonesia di luar negeri yang luar biasa bagi Rio Haryanto.(*) PT BESTPROFIT FUTURES