Best Profit Futures Banjarmasin

BESTPROFIT – Mengenal sejarah lampu lalu lintas

Lampu merah

PT BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN

Sebagai pengendara, pastinya tak ada yang tak tahu rambu lampu lalu lintas, atau juga biasa dikenal dengan traffic light. Pada setiap persimpangan, lampu yang memiliki tiga warna yakni merah, kuning, dan hijau ini membantu para pengendara untuk teratur dalam menggunakan jalur yang semestinya.

Pastinya kita bertanya-tanya, sejak kapan rambu lalu lintas ini diciptakan, dan atas dasar ide siapa. Sebagai catatan saja, tanggal 5 Agustus merupakan hari lampu lalu lintas. Dan tahun ini menginjak usianya yang ke 101 tahun.

Lampu lalu lintas pertama di dunia yang dipasang di dekat London House of Commons pada tahun 1868. Marka lampu ini diciptakan oleh JP Knight, seorang insinyur sinyal lampu perkeretaapian untuk mengontrol jalannya kereta kuda dan kendaraan.

Lampu lalu lintas ini hanya memiliki 2 warna yakni merah dan hijau. Demikian situs The Guardian menuliskan.

Namun, ternyata ada rangkaian kejadian yang membuat lampu lalu lintas berbentuk seperti sekarang ini. Dan kami mencoba mengulasnya untuk Anda, seperti disarikan dari Heavy.com.

Di antara banyak pengembangan lampu lalu lintas yang diciptakan, berikut proses penyempurnaannya.

Earnest Sirrine dari Chicago, Illinois, AS mematenkan sistem lampu lalu lintas jalan otomatis pertama pada tahun 1910. Sistem Sirrine ini menggunakan kata-kata “berhenti” (stop) dan “lanjutkan” (proceed).

Did You Know juga memaparkan kalau kemudian diciptakan lampu lalu lintas bertenaga listrik pada tahun 1912 yang menggunakan lampu merah dan hijau yang merupakan gagasan Lester Wire dari Salt Lake City, Utah.

Hingga pada akhirnya pria berkebangsaan Amerika bernama Garrett Augustus Morgan berinisiatif menyempurnakan desain yang telah dibuat Wire. Tak hanya mengubah konstruksi tata letak lampunya, namun ia juga menambahkan sebuah lampu lagi yakni berwarna kuning, demikian paparan dari Bombastis.

Tak hanya menghadirkan dan menyisipkan lampu berwarna kuning dalam jajaran lampu lalu lintas, Morgan juga menyematkan tanda berhenti dan jalan agar pengguna jalan makin waspada. Desain ini pun akhirnya disepakati sebagai standar marka lalu lintas dan akhirnya digunakan di seluruh dunia.

Kemudian pada tahun 1922, desain sempurna milik Morgan dikembangkan lagi oleh seorang polisi bernama William Potts. Pria ini membuat lampu lalu lintas bisa dioperasikan secara otomatis dengan tenaga listrik. Hingga akhirnya paten lalu lintas Garrett Morgan dikeluarkan pada tahun 1923.

Arti dan makna kode warna lampu lalu lintas

Pernah terpikir oleh kita kenapa lampu lalu lintas harus berwarna merah, kuning, dan hijau? Padahal ada warna biru yang indah atau juga putih yang bakal sangat terang ketika malam. Berikut alasannya.

Warna merah lazim digunakan untuk menandakan bahaya, ancaman dan lain sebagainya. Aksennya yang terang dan berani membuat orang bisa lebih waspada.

Kuning digambarkan sebagai warna peralihan dari kode lampu merah ke hijau. Kuning bisa berarti hati-hati, siaga, atau juga siap-siap.

Hijau berarti silakan melaju atau bebas berjalan. Secara psikologis, hijau mengandung arti indikator kebebasan.

sumber : beritagar.id