Best Profit Futures Banjarmasin

BESTPROFIT – Manfaat Kulit Telur di Rumah Anda

083584400_1464604444-Bahan-Dapur-Cangkang-Telur-nutraingredients.com_.original

PT BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN

Telur sering digunakan dalam proses memasak. Bahkan, untuk membuat hidangan yang simpel pun kadang membutuhkan telur. Akibatnya, begitu proses memasak selesai, Anda mendapatkan banyak kulit telur yang tak lagi terpakai.

Jika tak langsung dibuang, sisa telur di dalam kulitnya akan menimbulkan aroma amis yang menarik perhatian kecoa. Tapi, membuangnya bukan solusi untuk mengurangi sampah. Dinukil dari Rumah.com, berikut manfaat yang didapatkan dari kulit telur.

Membersihkan keramik kamar mandi

Cuci telur lalu tumbuk dan campur bersama baking soda dan perasan jeruk nipis. Setelah hancur, gunakan serbuk telur untuk membersihkan lantai kamar mandi, bak cuci piring, dan wastafel.

Serbuk ini efektif mengangkat kerak dan kotoran yang ada di keramik Anda. Tapi, jangan gunakan untuk membersihkan peralatan yang terbuat dari kaca, karena akan menimbulkan goresan.

Pupuk kompos

Campurkan telur yang sudah ditumpuk dengan kulit buah-buahan, daun yang sudah layu, sisa batang sayuran, serta tanah. Setelah tercampur rata, gali tanah di pekarangan Anda lalu benamkan campuran pupuk tersebut ke dalamnya. Pupuk kompos buatan sendiri ini akan membuat tanah lebih subur dan kaya nutrisi yang bagus untuk tanaman, terutama rumput dan tanaman bunga.

Suplemen tomat

Pernah menanam tomat? Biasanya salah satu penyakitnya adalah buahnya cepat membusuk saat masih hijau sehingga tak sempat Anda panen. Hal ini menandakan tanaman tomat Anda kurang kalsium dan protein sebagai nutrisinya. Taburkan kulit telur yang sudah ditumbuk di tanah tempat tomat tersebut ditanam agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Pestisida alami

Kulit telur yang telah hancur dipercaya mampu membuat siput, bekicot, semut, ulat, dan hama tanaman lainnya enggan berada di sekitar kebun Anda. Cobalah taburkan kulit telur tumbuk di sekitar tanaman kesayangan Anda.

Makanan ayam

Bila Anda memelihara ayam betina petelur, tambahkan kulit telur tumbuk ke dalam makanannya. Kulit telur mengandung kalsium dan mineral sehingga telur yang nantinya dihasilkan ayam Anda memiliki kandungan kalsium yang lebih banyak. Begitu juga dengan daging ayam yang berasal dari ayam yang mengonsumsi kulit telur ini.

Pot alami

Bila tertarik menanam biji-bijian, gunakan cangkang telur sebagai tempat menanam bibit. Kalsium yang terkandung dalam kulit telur membuat tanaman akan cepat berkembang dan tumbuh subur, sehingga Anda bisa segera memindahkannya ke media tanam lainnya.

sumber : liputan6.com