Best Profit Futures Banjarmasin

BESTPROFIT – Kiat merintis bisnis daring

1000x714_0_0_1000_714_60e7caab211e450f17812b2ee208aa5e3cac8efd

PT BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN

Pertumbuhan bisnis daring (online) di Indonesia didukung oleh banyak faktor. Selain kehadiran era digital dan pertumbuhan teknologi yang semakin pesat, aktivitas masyarakat urban yang padat ikut mendorong pertumbuhan bisnis daring.

Karena waktu luang yang sedikit, belanja daring atau online menjadi alternatif yang digemari masyarakat urban. Selain mudah dan dapat dilakukan dari mana saja, belanja daring juga memberikan efisiensi waktu dibandingkan harus pergi ke pusat perbelanjaan.

Meski sudah menjamur, bisnis daring masih membuka peluang lebar bagi Anda yang tertarik untuk terjun ke dalamnya. Silakan simak kiat di bawah ini sebelum Anda memulai bisnis daring.

Tentukan produk

Langkah pertama adalah menentukan produk yang akan dijual. Jika Anda memiliki keahlian khusus, seperti membuat kue, camilan, kerajinan tangan, dan aksesori, maka Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut dan menjual hasilnya secara daring. Selain itu, Anda juga bisa mencari vendor mitra untuk membuat produk yang akan Anda jual.

Kategori produk bisa berupa makanan, pakaian, aksesori, ataupun elektronik. Jika sebelumnya Anda sudah memiliki produk yang dijual secara konvensional maka langkah ini bisa dilewati.

Riset pasar

Setelah memilih produk yang akan dijual, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan riset pasar. Riset sederhana bisa dilakukan dengan memerhatikan lingkungan sekitar kita atau melalui media sosial.

Kenali profil sasaran produk yang Anda jual. Setelah itu bayangkan apakah produk bisa diterima dengan baik oleh sasaran yang Anda targetkan. Misalnya, Anda memutuskan untuk menjual pakaian untuk anak muda, pastikan Anda mengetahui tren yang sedang digemari anak muda sehingga produk yang Anda jual lebih mudah diterima oleh mereka.

Tempat berjualan

Berjualan secara daring bukan berarti Anda tak membutuhkan tempat berjualan. Tempat yang dimaksud adalah tempat untuk memajang produk jualan Anda di internet sehingga bisa ditemukan calon pembeli.

Anda bisa berjualan malalui situs jual beli atau marketplace yang sudah terkemuka. Anda bisa mendaftarkan diri dan berjualan secara gratis melalui situs jual beli tersebut. Selain itu, Anda juga bisa berjualan melalui media sosial, seperti Instagram yang akhir-akhir ini cukup populer.

Jika memiliki modal lebih, Anda bisa menyiapkan situs toko daring milik Anda sendiri. Dengan membuat situs sendiri Anda bisa lebih leluasa menentukan desain situs dan tata letak produk yang akan dipasarkan.

Dengarkan suara pelanggan

Banyak pelaku bisnis yang hanya fokus pada penjualan tanpa memedulikan suara pelanggan. Sediakan saluran komunikasi untuk pelanggan yang ingin memberikan kritik dan saran, atau bertanya tentang produk. Saluran komunikasi bisa melalui pesan singkat, layanan pesan instan,dan email.

sumber : beritagar.id