Best Profit Futures Banjarmasin

BESTPROFIT – Jelang Pelantikan Trump, Rupiah Rawan Pelemahan

PT BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN

BESTPROFIT BANJARMASIN
BESTPROFIT BANJARMASIN – Jakarta – Pelemahan rupiah perlu diwaspadai jelang Pelantikan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Selain itu perhatian pasar juga akan tertuju pada Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) terkait ekonomi di zona Eropa ke depannya. Analis senior dari Binaartha Securitas, Reza Priyambada mengatakan,  nantinya sentimen tersebut akan berpengaruh pada pergerakan sejumlah nilai tukar mata uang, yang juga berimbas pada rupiah.

“Oleh karena itu, kami kembali mewaspadai akan adanya pelemahan lanjutan dari rupiah,” kata Reza dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 20 Januari 2017.

Pada perdagangan hari ini, Reza memperkirakan rupiah akan bergerak di kisaran support Rp 13.405 dan resisten Rp 13.330 per dolar AS. “Tetap cermati berbagai sentimen yang akan mempengaruhi perubahan pada laju Rupiah,” tuturnya.

Rupiah pada perdagangan Kamis 19 Januari kemarin ditutup melemah. Dikutip dari Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah turun 48 poin atau 0,36 persen ke level Rp 13.378 dari penutupan Rabu, 18 Januari 2017 di Rp 13.328 per dolar AS.

Estimasi akan masih tetapnya tingkat suku bunga acuan BI di level 4,75 persen kurang mampu laju rupiah untuk dapat bertahan di zona hijaunya. Hal itu terlihat pada laju rupiah cenderung mengalami pembalikan arah melemah. – BESTPROFIT BANJARMASIN

“Kami menilai sikap pelaku pasar yang cenderung dingin terhadap rilis data tersebut karena telah diantisipasi lebih dulu,” ucap Reza.

Belum lagi, imbas pidato Gubernur Bank Sentral AS (The Fed), Janet Yellen yang sebelumnya memberikan sinyal untuk pertumbuhan ekonomi di Amerika secara berkelanjutan, sehingga dimungkinkan untuk menaikan suku bunga acuan turut menopang dolar AS yang menguat.

“Tren penguatan yang kami harapkan tampaknya terpatahkan dengan adanya imbas pidato The Fed tersebut. Laju rupiah pun, tentunya, terimbas negatif dengan terapresiasinya laju dolar AS” kata Reza. – tempo

BESTPROFIT BANJARMASIN