Best Profit Futures Banjarmasin

BESTPROFIT – Ini Penyebab Tumbuhnya Uban di Usia Muda

BESTPROFIT

PT BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN

Rambut putih atau uban bukan hanya dominasi orang-orang berusia lanjut  Sering pula ditemukan kasus memutihnya rambut yang dialami kaum muda. Hal ini kadang menjadikan minder dan lantas mengecat rambut untuk menutupinya. Tahukah Anda? Ternyata munculnya uban di usia muda turut dipengaruhi berbagai faktor.

Salah satunya adalah faktor genetic atau keturunan. Diungkapkan dr Nindita Hapsari Susanti, SpKK dari Klinik bintaro Skin House, jika orang tua atau kakek-nenek seseorang mengalami ubanan di waktu mudanya, maka ada peluang bagi keturunan mereka untuk mendapatkan hal serupa. Uban di usia muda tidak dapat dihindari jika pemicunya karena masalah ini.

Di samping itu, ras dan etnik turut ambil bagian dalam memengaruhi kemunuculan uban. Orang-orang Asia sering didapati memiliki uban saat usia mereka menginjak 30 tahun ke atas. Umumnya uban ini tidak muncul serentak di semua helai rambut, tapi ada pula yang menyebar ke seluruh bagian.

“Faktor lainnya yang juga berpengaruh adalah merokok dan stres. Kekurangan nutrisi yang memengaruhi produksi melanin seperti protein, vitamin B12, zat besi dan tembaga, juga dapat menyebabkan munculnya uban pada usia muda,” kata dr Nindita seperti dikutip laman Detik Health.

Uban dapat juga muncul akibat masalah kesehatan. Di antaranya adalah anemia, penyakit kelenjar tiroid, rendahnya hormon adrenokortikotopik, alfa MSH, dan beta endorphin. Hingga sekarang, pengobatan terhadap munculnya uban sejak dini belum ditemukan. Meski demikian, rambut beruban juga punya perawatan tersendiri.

“ Pada umumnya rambut uban memiliki sifat lebih kering dan kasar, maka gunakan sampo yang lembut dan kondisioner saat keramas. Untuk pemeriksaan lebih lanjut sebaiknya konsultasikan ke dokter,” ujar dr Nindita. – sidomi.com

(Mr-PT Bestprofit Futures)