Best Profit Futures Banjarmasin

BESTPROFIT – Ini Manfaatnya Bagi RI Punya Acuan Harga Timah

BESTPROFIT
PT BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN

Jakarta -Menyandang status produsen timah nomor 2 di dunia dan menguasai 70% pangsa pasar dunia, bukan jaminan Indonesia jadi negara penentu harga timah global. Rata-rata produksi timah Indonesia mencapai 90.000 metrik ton, dan sebagian besar ditambang dari Bangka Belitung.

Namun, penentuan harga timah dunia masih didominasi oleh LME (London Metal Exchange) di London, Inggris.

Baca Juga :

“Selama ratusan tahun ditentukan oleh LME. Jadi, dengan adanya ICDX (Indonesia Commodity Derivatives Exchange) ini untungnya buat siapa? Buat penambang-penambang kita agar jadi acuan, negara lain tak punya barang tapi bisa tentukan harga,” kata Bachrul di Indonesia Tin Conference and Exhibition, Jakarta, Kamis .

Dia melanjutkan, selain penambang timah domestik yang bisa mengandalkan ICDX, pemerintah daerah (Pemda) juga bisa menghitung penerimaan daerah dari tambang timah di wilayahnya secara lebih pasti.

“Harga di bursa luar sangat fluktuatif, dengan timah dijual di ICDX, Pemda sudah tahu harga sehingga tahu penerimaan royalti nanti sudah bisa diprediksi. Kemudian mereka juga sudah bisa prediksi sudah tahu kapan harus beralih mengandalkan royalti timah,” ujar Bachrul.

Menurutnya, trader komoditas di pasar global seperti LME juga terkadang tidak memiliki fisik dari timah yang dijualnya. Hal inilah yang membuat pasar komoditas begitu bergejolak.

“Kita kan jelas ada barangnya. Mereka di sana kebanyakan trader. Dengan punya bursa sendiri, ada manfaat kepastian suplai timah dan jaminan kualitas. Kemudian keterbukaan transparansi harga,” jelas Bachrul. – PT Bestprofit Futures

Dari data transaksi, ICDX sudah memperdagangkan 18.000 ton metrik ingot timah atau alumina, naik pada tahun 2014 menjadi 54.000 metrik ton, kemudian tahun 2015 naik jadi 70.000 metrik ton, dan terakhir periode Januari-Juli sudah 32.600 metrik ton.

“Sekarang ICDX mulai jadi rujukan, memang kita baru 3 tahun, bandingkan dengan LME yang sudah ratusan tahun. Saat ini sudah ada 63 perusahaan terdaftar di ICDX, dengan 34 penjual dan 29 pembeli yang bertransaksi tawar menawar di bursa ICDX,” ujar Bachrul. – detik.com

(Mr-Pt Bestprofit Futures)