Best Profit Futures Banjarmasin

BESTPROFIT – Harga Emas naik didorong Sikap dan Langkah ECB

1504

PT BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN

Pada perdagangan hari Rabu harga emas bergerak naik setelah ECB memutuskan untuk memborong obligasi sejumlah perusahaan besar di Benua Biru dan milik pemerintah. Aksi beli ECB telah mendorong imbal hasil turun mencapai rekor, dimana lebih dari 40 persen sekuritas di  Indek Obligasi Bloomberg Eurozone menawarkan imbal hasil negatif.

Harga emas menapaki kenaikannya, ditahun ini mereka naik 19% dan menjadi awal tahun yang baik sejak 1979. Suku bunga AS yang rendah mendorong kenaikan harga emas saat ini, dimana komoditas yang demikian ini menawarkan imbal hasil dari kenaikan harga yang terjadi. Disisi lain, melemahnya nilai tukar Dolar AS atas sejumlah mata uang dan keprihatinan global atas pertumbuhan ekonomi internasional telah menjadi landasan kuat bagi permintaan emas batangan sebagai bentuk simpanan yang berharga. Taruhan terkini, suku bunga AS akan tetap dipertahankan rendah untuk waktu yang lebih lama sehingga memberikan ruang bagi emas untuk meningkatkan daya tariknya sebagai tujuan investasi yang baik.

Kebijakan yang ditempuh oleh ECB memang menjadi pendorong yang ampuh untuk membuat harga emas bertahan diatas $1.250 per troy ons saat ini. Kebijakan tersebut setidaknya menunjukkan sikap Draghi yang menginginkan suku bunga lebih rendah pula. Hal ini tentu menjadi daya tarik emas yang kuat dimata investor. Harga emas untuk kontrak pengiriman bulan Agustus naik 1,2% ke harga $1.262,30 per ons di bursa Comex – New York, setelah sempat menyentuh $1.267,20, yang merupakan harga termahalnya sejak 18 Mei silam.

Para pialang nampaknya menyepakati bahwa suku bunga AS belum akan dinaikkan dalam pertemuan rutin Dewan Gubernur Bank Sentral AS pada minggu depan. Selebihnya percaya bahwa suku bunga AS masih akan tetap dipertahankan dibawah 50% setidaknya hingga Desember nanti. Indek Dolar AS sendiri diketahui saat ini menurun 0,6 persem ke posisi terendah sejak 5 Mei silam.

Kedepannya, harga emas diperkirakan sudah menyentuh level dasarnya dan segera kembali naik. Perlu sekurangnya pendorong yang bisa meyakinkan harga emas naik. Pemilu Inggris untuk menentukan apakah Inggris memilih tetap dalam Uni Eropa atau keluar dari persekutuan tunggal Eropa tersebut. Sentimen lain akan berasal dari kebijakan moneter AS dan Pemilihan Umum yang akan berlangsung di Amerika Serikat dan Spanyol.

sumber : financeroll.co.id