Best Profit Futures Banjarmasin

BESTPROFIT – Bahaya Smartphone Jadikan Kamu Gagal Fokus

smartpone

PT BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang tak bisa hidup dari smartphone atau gadget? Jika iya, mulai sekarang cobalah untuk membiasakan diri mengistirahatkan diri dari smartphone atau gadget. Karena apa? Karena, penggunaan smartphone atau gadget yang berlebih dikatakan mampu mempengaruhi kesehatan psikologis seseorang dan berpengaruh besar pada kesehatan otak.

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, seorang psikolog dari University of Virginia yakni Dr Kostadin Kushlev mengatakan bahwa penggunaan smatrphone yang berlebihan atau seseorang yang telah kecanduan smartphone bisa membuatnya menjadi pribadi yang gagal fokus. Lebih berbahaya lagi, mereka yang tak bisa hidup tanpa smartphone dan memandangi layar smartphone menunjukkan bahwa ia menderita gejala ADHD. ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder merupakan peningkatan aktivitas motorik otak dan menyebabkan seseorang beraktivitas berlebihan.

ADHD sendiri biasanya ditandai dengan berbagai keluhan seperti perasaan gelisah, gagal fokus, tidak bisa diam, tidak bisa duduk dengan tenang, emosi yang meletup-letup hingga suka melakukan aktivitas yang sering mengganggu orang lain atau tidak menyenangkan. Tak hanya menyebabkan gejala ADHD, penggunaan smartphone yang berlebih juga rentan membuat hubungan bersama keluarga, dengan teman dan orang di sekitar menjadi tidak sebaik dulu.
Para peneliti yang melakukan penelitian terhadap 221 mahasiswa di University of British menemukan bahwa mereka yang tidak bisa hidup dan lepas dari smartphone menunjukkan gejala ADHD. Sementara mereka yang mampu meletakkan smartphonenya dan menggunakan sesuai kebutuhan saja menunjukkan kesehatan yang baik termasuk untuk kesehatan fisik maupun psikisnya. Mahasiswa yang berhasil meletakkan smartphone dan hidup tanpanya dikatakan memiliki emosi yang lebih tenang, sabar dan mampu bersosialisasi dengan baik.

De Kushlev mengatakan, “Kami telah meneliti beberapa mahasiswa dan menemukan mereka yang tak bisa hidup atau lepas dari smartphone rata-rata memiliki gejala ADHD hingga 10 gejala. Sementara mereka yang bisa meletakkan smartphone dan meninggalkannya dalam beberapa waktu, mereka cenderung lebih tenang serta bahagia juga mampu bersosialisasi dengan baik.”

Kushlev dan peneliti lain mengungkapkan kalau radiasi dari smartphone dan cahaya yang dihasilkan sangat tidak baik buat kesehatan fisik maupun psikis. Radiasi dari smartphone ini juga yang dipercaya membuat otak tak bisa bekerja dengan baik atau fokus. Agar radiasi dari smartphone tidak membahayakan kesehatan, para ahli menyarankan agar kita semua bisa mengurangi penggunaan smartphone. Disarankan agar kita juga tidak kecanduan smartphone.

Gimana nih, sudah memutuskan untuk mengurangi penggunaan smartphone dari sekarang? Alangkah bijak dan baiknya jika kita menggunakan smartphone seperlunya saja. Oh iya, hindari juga mendekatkan smartphone dari tempat tidur jika ingin tidur nyenyak dan sehat ya?

sumber : vemale.com