Best Profit Futures Banjarmasin

BESTPROFIT – 5 Cara Hasilkan Foto dan Video Keren dari Kamera Tab

BESTPROFIT

PT BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN

Jakarta – Tak hanya melalui kamera smartphone, sebagian dari kamu mungkin masih ada yang menggunakan kamera yang tertanam di perangkat tablet untuk mengabadikan momen indah.

Layaknya smartphone, kebanyakan tablet juga sudah dilengkapi dengan spesifikasi kamera yang terbilang mumpuni.

Namun bodinya yang lebar membuat kebanyakan dari kamu–terutama ukuran tangan Asia yang lebih kecil agak sulit untuk menggenggamnya dengan optimal–sehingga foto yang dihasilkan menjadi kurang maksimal.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut 5 cara untuk menghasilkan foto dan video keren dari kamera tablet.

1. Tetap Stabil

Tidak seperti kamera digital dan kamera di smartphone kelas premium, kebanyakan kamera di perangkat tablet tidak dilengkapi dengan fitur image stabilization untuk mengkompensasi gerakan.Jadi, jika kamu membidik foto di kondisi cahaya rendah, foto yang dihasilkan akan terlihat blur. Begitu pula pada saat merekam video.

Selain itu ukuran tablet umumnya lebih besar dari kamera saku atau smartphone dan tidak memiliki handgrip–membuatnya sulit untuk tetap stabil.

Untuk itu, kamu harus memegang tablet dengan kedua tangan, sekaligus menyandarkan siku ke perut kamu. Mengutip laman Fox News, Selasa, langkah ini akan membantu tablet tetap stabil dan mengurangi pergerakan.

2. Hindari Zoom

Salah satu kesalahan paling umum saat orang menggunakan tablet untuk memotret atau merekam video adalah dengan menggunakan fitur zoom untuk memperoleh gambar yang lebih jelas.

Foto: www.howtogeek.com
Seperti yang diketahui, kamera tablet kebanyakan hanya dilengkapi zoom digital. Zoom gambar yang diperbesar secara digital dapat mengurangi kualitas gambar sehingga tampilan akhirnya terlihat `pecah`.Kamu disarankan untuk tidak mengambil foto dengan zoom, lebih baik crop hasil foto yang diinginkan dengan software editing gambar atau aplikasi mobile. Hal yang sama juga perlu dilakukan saat merekam video, terlebih degradasi video lebih besar ketimbang foto.

3. Pilih Ukuran Tablet yang Tepat 

Jika kamu berencana untuk mengambil banyak foto dan merekam video dengan tablet, cobalah untuk memilih model yang lebih kecil.

Misalnya tablet berukuran 7 atau 8 inci, bukan ukuran di atas 8 inci. Pasalnya, dimensi bodi perangkat yang lebih kecil, mudah untuk distabilkan sehingga bisa memperoleh foto yang jauh lebih baik.

4. Aksesoris Pendukung

Jika kamu bersikeras untuk mengambil foto dan video dengan tablet, pertimbangkan untuk mencari aksesoris yang dapat meningkatkan kualitas foto.

Sebagai contoh, Sony sempat memperkenalkan dua kamera berbentuk lensa yaitu Cybershot DSC-QX10 dan Cybershot DSC-QX100 yang dapat terhubung dengan tablet kamu.

 Tongsis untuk perangkat tablet (mirror.co.uk)
Keduanya bisa dibilang sebagai kamera digital tanpa layar berdesain lensa karena di dalamnya terbenam sensor berkualitas tinggi.Bahkan dilengkapi fitur optical image stabilization dan optical zoom. Aksesori lain yang mungkin bisa membantu kamu adalah tripod dan mount.

5. Jangan Andalkan Flash

Pada umumnya, kamera pada tablet tidak dilengkapi flash. Tapi saat ini, ada beberapa tablet kelas premium, terutama beberapa model baru dari Samsung mulai menghadirkan flash pada kamera utamanya.

Namun, flash yang disematkan tidak seperti yang ada pada kamera saku digital. Cahaya yang dipantulkan sangat lemah dan jangkaunnya pun kurang luas.

Saat ingin membidik objek, lebih baik kamu mencari lokasi dengan kondisi pencahayaan yang bagus. – liputan6.com

(Mr-Pt Bestprofit Futures)