Best Profit Futures Banjarmasin

Alien kemungkinan baru dapat dihubungi 1500 tahun lagi

1581x1142_47_391_1581_1142_5306bbd653dbdb648def08ec146c61ffa7a19fa4

PT.BEST PROFIT FUTURES – Meski masih diragukan keberadaannya, sekelompok Ilmuwan telah memprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa bertemu dengan makhluk asing dari luar angkasa (alien), yakni sekitar 1.500 tahun lagi.

“Kita belum menemukan bukti kuat mengenai keberadaan alien, hal ini karena luar angkasa merupakan tempat yang sangat besar, tapi bukan berarti mereka tidak ada,” ujar mahasiswa astronomi Evan Solomonides (19) dari Cornell University, seperti dikutip dari IBTimes.

Dengan menggabungkan teori Paradoks Fermi dengan Mediocrity Principle, Solomonides membuat kesimpulan tersebut. Dia mengatakan sinyal kontak balasan dari alien baru akan bisa ditangkap bumi sekitar tahun 3500.

Alasannya, karena luasnya Bima Sakti dan keterbatasan manusia, butuh waktu lama bagi sinyal radio untuk menyebar di luar angkasa dan bagi makhluk asing, jika ada, untuk menangkap sinyal tersebut.

Hingga saat ini sekelompok ilmuwan terus melontarkan sinyal ke luar angkasa untuk mendeteksi adanya kehidupan lain di luar Bumi. Salah satunya akan dilakukan melalui teleskop terbesar di Tiongkok bernama Five-hundred meter Aperture Spherical Telescope (FAST) yang baru akan rampung pada September 2016. – PT.BEST PROFIT FUTURES

Paradoks Fermi dinamai dari seorang ahli fisika Italia, Enrico Fermi. Teori ini memperkirakan ada miliaran planet yang dianggap berpotensi mirip dengan Bumi. Tapi belum ada alien yang memberikan sinyal atau mengunjungi Bumi. Para ilmuwan memperkirakan bahwa alien kemungkinan ada di antara sekitar 100 miliar hingga 400 miliar bintang di Galaksi Bima Sakti.

Selain itu sangat memungkinkan di antara bintang-bintang tesebut terdapat planet berkarakteristik seperti Bumi, dapat ditinggali dan memiliki kehidupan yang saling melengkapi.

Hal ini diperkuat oleh teori Mediocrity Principle, yang menyatakan bahwa kehidupan di Bumi bukanlah satu-satunya. Tidak ada yang luar biasa dengan evolusi di sistem Tata Surya, Bumi dan kehidupan manusia. Dengan kata lain disimpulkan bahwa ada peradaban yang sama, bahkan lebih cerdas di banding Bumi, di alam semesta yang sama.

Dijelaskan Solominides pencarian mahluk asing melibatkan pengiriman sinyal. Saat manusia ke luar angkasa dengan kecepatan cahaya, sinyal tersebut bisa jadi ditemukan oleh alien yang ada di salah satu planet yang dilewati. Namun begitu, butuh waktu bagi alien untuk bisa menerjemahkan sinyal itu, mengubah gelombang cahaya menjadi suara yang bisa diterjemahkan ke dalam bahasa yang mereka mengerti.

Sejauh ini menurut Solomonides, sinyal dari Bumi telah melintas sekitar 80 tahun cahaya, melewati 8.531 bintang, serta 3.555 planet mirip Bumi. Dengan memadukan dua hal itu, Solomonides dan koleganya Yervant Terzian menyimpulkan dibutuhkan waktu setengah dari total planet yang dilewati tersebut untuk alien dapat menerjemahkan sinyal dari Bumi. Sebagai informasi 1 tahun cahaya sekitar 9,5 triliun km.

“Meskipun kemungkinan kita tidak akan mendapatkan apa-apa sampai 1.500 tahun mendatang, bukan berarti kita harus berhenti mencari dan mendengar. Jika kita berhenti, ada kemungkinan kita akan kehilangan sinyal itu. Jadi kita harus terus bekerja,” kata Solomonides.

Solomonides dan Terzian akan mempresentasikan hasil penelitiannya ini pada pertemuan American Astronomical Society di San Diego, California pekan ini. – PT.BEST PROFIT FUTURES

sumber : beritagar.id