Best Profit Futures Banjarmasin

9 kiat aman belanja daring agar bebas penipuan

1280x800_0_0_1280_800_3afa60feed90654b94a198d85c65717902ae7d61

PT.BEST PROFIT FUTURES – Penipuan daring mulai marak terjadi. Indonesia pun menjadi korban tertinggi di dunia ketika bertransaksi di daring.

Untuk menghindari penipuan tersebut, Anda perlu mengetahui modus-modus penipuan daring masa kini. Sambil mengenali modusnya, Anda juga perlu menjaga diri agar tak mudah dikelabui mitra transaksi.

1. Luangkan waktu untuk riset

Pastikan Anda mengenali barang yang ingin dibeli. Cari infonya, ketahui reputasi penjualnya.

Misalnya Anda ingin membeli barang di forum daring Kaskus. Setiap penjual terpercaya di Kaskus selalu berstatus recommended seller dan memiliki puluhan bahkan ratusan testimonial para pembeli. Kesaksian itu bisa menentukan keputusan Anda untuk membeli barang di sana.

2. Kenali pemilik toko daring

Di dunia internet Indonesia saat ini berjamuran situs dagang. Antara lain yang populer adalah Tokopedia, Elevenia, Blibli.com, Jd.id, Mataharimall dan Bukalapak.

Perlu diketahui, toko daring itu selayaknya mal di luring. Artinya setiap toko menampung sejumlah penjual. Tapi bukan berarti penjual yang tidak memiliki lapak di mal daring itu tak bisa dipercaya.

Semua tetap kembali ke Anda, apakah kredibilitas mal daring atau pedagang bisa dipercaya dan dikenali.

3. Jangan tergiur dengan harga murah

Harga murah selalu punya daya tarik bagi konsumen. Tapi jangan terlena dan perhatikan apakah harga murah itu masuk akal.

Ini berhubungan dengan kiat pertama, riset. Bila Anda tahu berapa harga pasar barang yang ingin dibeli, Anda pasti tahu apakah harga tertentu yang ditetapkan penjual masuk akal atau tidak. – PT.BEST PROFIT FUTURES

4. Baca deskripsi produk dengan seksama

Riset produk juga penting. Sebelum membeli, usahakan Anda membaca informasi atau deskripsi produk tersebut lebih dulu.

Ini untuk menghindari produk yang Anda terima usai pembelian justru tidak sesuai pesanan. Untuk mengetahui info produk terkait, Anda bisa mengubungi penjual atau browsing.

5. Manfaatkan Google

Untuk memastikan situs toko atau penjual daring bisa dipercaya, Anda bisa melakukan riset melalui mesin pencarian seperti Google. Ketik saja kata kunci semisal; toko A penipu, toko A scam, atau toko A terpercaya.

6. Utamakan COD (Cash on Delivery)

 

Saat transaksi dagang bisa menggunakan sistem tunai di tempat (COD / cash on delivery), Anda bisa menggunakannya. Tapi jangan serta merta memercayainya.

Gunakan lokasi yang ramai untuk lokasi COD, misal pusat belanja atau kantor. Jangan lupa memeriksa apakah kondisi barang sesuai pesanan. Bila barang tidak sesuai, jangan sungkan untuk membatalkan transaksi.

7. Asuransikan barang

Jika Anda melakukan pemesanan secara daring, biasanya pesanan tersebut tidak diantarkan langsung oleh penjual, melainkan oleh jasa ekspedisi. Oleh karena itu, saat berbelanja dalam jumlah besar atau membeli produk mahal, ada baiknya minta jaminan asuransi dalam pengiriman.

Kebanyakan jasa pengiriman besar seperti JNE dan Tiki menyediakan opsi asuransi pada setiap pengiriman. Lebih baik Anda membayar lebih mahal untuk biaya asuransi ketimbang pesanan Anda tidak sampai tujuan alias hilang.

8. Periksa kembali pesanan

Sebelum melakukan pembayaran, pastikan kembali bahwa Anda sudah memesan produk yang sesuai dengan keinginan. Selain itu, pastikan pula Anda sudah memasukkan alamat dan nomor telepon dengan benar. Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahan pada saat proses pengiriman barang.

9. Simpan bukti transaksi

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda menyimpan bukti transaksi seperti bukti transfer dan arsip percakapan dengan penjual hingga transaksi benar-benar selesai. Jadi apabila terjadi kesalahan pengiriman atau penjual menyatakan Anda belum melakukan pembayaran, Anda bisa menunjukkan bukti-bukti tersebut kepada penjual. – PT.BEST PROFIT FUTURES

sumber : beritagar.id