7 Kebiasaan Jenius Nikola Tesla: Olah Otak Hingga Cara Mandi

INFO DAN KEGIATAN news Post Tekno

PT. BESTPROFIT FUTURES

PT. BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN – Nikola Tesla merupakan sosok jenius pada terciptanya jaringan listrik arus bolak-balik (AC), motor elektrik, radio, dan beberapa temuan lain. Kontribusi Tesla di bidang kelistrikan, radio, dan robot sangat berpengaruh dalam era modern hingga menginspirasi Elon Musk menamakan mobil listrik besutannya sesuai nama penemu ini. BESTPROFIT

Di balik kerja kerasnya dalam menciptakan karya-karya tersebut, ada sejumlah kebiasaan yang berdampak baik dalam membantu Tesla menjadi seorang jenius dalam hidupnya.

Tesla merupakan insinyur dan ahli fisika berkebangsaan Serbia-Amerika. Semasa 86 tahun hidupnya dia telah mendaftarkan lebih dari 300 hak paten untuk seluruh karyanya.

Pada masa kecilnya Tesla bermimpi untuk memanfaatkan energi yang ada di air terjun Niagara. Dan pada 1895, dia merancang pembangkit listrik tenaga air pertama di air terjun.

Tesla dikenal sebagai orang yang cukup unik, sejumlah kebiasaan yang dia lakukan agak berbeda dari orang kebanyakan. Kebiasaan-kebiasaan ini mungkin yang membentuk Tesla untuk menjadi sosok jenius.

Eksperimen di pikiran

Tesla melakukan metode yang berbeda pada penelitian yang dia lakukan. Dia tidak langsung melakukan penelitian tersebut secara fisik ketika mendapatkan ide. Tapi, ia membangun dan ‘bermain’ dengan ide tersebut di dalam imajinasinya terlebih dulu.

Menurut Tesla, dia bisa mengubah konstruksi, melakukan pengembangan, dan mengoperasikan sebuah perangkat dari dalam pikirannya.

Kemudian Tesla mengatakan tidak ada perbedaan saat dia mencoba menyalakan sebuah turbin secara nyata di bengkel maupun di dalam pikirannya. Bahkan ketika ide masih dalam pikiran, dia bisa tahukalau perangkat tersebut bisa kehilangan keseimbangan.

Menurut Tesla, melalui metode tersebut dia bisa mengembangkan dan menyempurnakan sebuah konsep dengan lebih cepat. PT. BESTPROFIT

Setelah proses pengerjaan konsep di pikiran selesai tanpa kesalahan, Tesla baru mengaplikasikan hasilnya ke dalam sebuah produk.

Hasil dari metode tersebut adalah setiap produk yang dikerjakan Tesla selama 20 tahun selalu bekerja sesuai dengan apa yang dia pikirkan tanpa terkecuali.

Latihan otak

Tesla melakukan serangkaian kegiatan semasa kecil dengan ibunya yang dia anggap sangat mempengaruhi cara kerja otaknya sekarang.

Dilansir dari CNBC, Tesla dan ibunya kerap menebak pikiran satu sama lain, mencari yang salah dalam sebuah bentuk kalimat atau ekspresi, mengulangi kalimat panjang, atau melakukan perhitungan matematika dalam pikiran.

Hal-hal yang nampak kecil tersebut telah melatih menguatkan memori dan alasan, serta mengembangkan rasa kritis yang membuat Tesla tumbuh menjadi penemu jenius.

Cara tidur

Tesla mengatakan dirinya tidak pernah tidur lebih dari dua jam dalam sekali istirahat, namun Tesla mengakui dirinya kerap beristirahat untuk ‘mengisi baterainya.’ Menurut sebuah laporan, Tesla pernah bekerja selama 84 jam tanpa tidur sama sekali.

“Tidur? Saya hampir tidak pernah tidur. Saya berasal dari keluarga yang berumur panjang, tetapi terkenal karena cara tidur yang buruk,” jelas Tesla dalam sebuah wawancara pada 1933.

“Terkadang saya tertidur selama satu jam atau lebih. Namun, kadang-kadang, sekali dalam beberapa bulan, saya mungkin tidur selama empat atau lima jam,” lanjutnya lagi. PT. BEST PROFIT

Kebiasaan sulit tidur yang dialami tidak membuat ia khawatir. Sebab, setiap ia bangun tidur ia selalu merasa energik, seperti baterai.

“Saya merasakan kekuatan yang luar biasa saat itu. Tidak ada keraguan tentang hal itu tetapi tidur adalah pemulih, vitalisator, yang meningkatkan energi.”

Tak butuh liburan

Tesla sangat menikmati apa yang ia kerjakan sehingga ia merasa tidak butuh liburan.

“Saya tidak ingin liburan – tidak ada yang bisa menghentikan pekerjaan saya. Jika orang memilih pekerjaan yang sesuai dengan mereka, jumlah kebahagiaan mereka di dunia akan meningkat tak terkira, “ungkap Tesla.

Cara mandi

Saat mandi, Tesla memilih berendam air hangat, lalu diikuti dengan siraman air dingin dalam jangka waktu lama.

Olahraga

Meskipun Tesla hanya tidur tidak lebih dari dua jam setiap kali beristirahat, Tesla sama sekali tidak mengabaikan kesehatan.

Dilansir dari Big Think, Tesla melakukan banyak olahraga, di antaranya berjalan 12 hingga 16 kilometer setiap hari, dan tidak pernah menggunakan taksi atau transportasi lain ketika dia punya waktu untuk menggunakan tenaga kakinya.

Menjaga makan

Tesla makan dua kali sehari dan menghindari makanan-makanan yang mengandung terlalu banyak asam dan berpotensi merusak tubuh.

Tesla mengatakan dia hanya memakan sayuran segar, dan sesekali dia juga memakan ikan dan daging. Ia pun tak sepakat dengan kebiasaan makan terlalu banyak. Untuk minum ia kerap mengonsumsi susu dan air mineral.

“Sebagian besar kerusakan dilakukan dengan makan berlebihan dan kurang berolahraga, yang membawa kondisi beracun dalam tubuh dan membuat tidak mungkin membuang akumulasi racun,” jelasnya. BEST PROFIT

Dilansir dari Science Alert, Tesla dan kejeniusannya membawa sebuah keunikan. Pada suatu waktu Tesla sempat berhenti memakan makanan padat dan beralih ke makanan cair. Tesla lantas memakan makanan seperti madu, semangkuk susu hangat, dan membuah jus dari sayur seperti artichokes dan seledri.

Sumber : cnnindonesia