Best Profit Futures Banjarmasin

6 Aplikasi Mengaji Alquran Selama Bulan Puasa Ramadan 1442 H

PT. BESTPROFIT FUTURES

9048bc01-867c-4340-9796-80bd4f94e370_169

PT. BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN – Bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk melakukan amal kebaikan, salah satunya membaca Alquran atau mengaji. Ada 3 rekomendasi aplikasi Alquran yang dapat digunakan sebagai alternatif yang dapat diamalkan kapanpun dan di manapun. Berbagai aplikasi saat ini sudah tersedia untuk melengkapi amalan pada bulan puasa. Beberapa fiturnya juga dilengkapi dengan penunjuk arah kiblat, waktu sahur dan berbuka, waktu sholat dan masih banyak lagi. BESTPROFIT


Berikut beberapa aplikasi mengaji yang dapat diunduh melalui smartphone berbasis iOS dan Android, bisa jadi alternatif selama puasa Ramadan 1442 Hijriah:

1. Al-Quran Indonesia
Aplikasi ini terbilang multi fungsi. Meski memiliki nama Alquran Indonesia, melalui platform ini pengguna disuguhkan dengan berbagai fitur sebagai penunjangnya. Al Quran Indonesia ini merupakan besutan developer Andi Unpam yang menghadirkan terjemahan bahasa Indonesia, serta dilengkapi dengan mp3 murottal, 30 juz atau 114 surah.

Pada tampilan awal aplikasi terdapat beberapa pilihan halaman seperti Baca Qur’an, Terakhir yang dibaca, Jadwal Solat dan juga disertai kolom Infaq. Aplikasi memiliki tampilan yang relatif nyaman dilihat dengan format aksara yang terbilang mudah untuk dibaca. Aplikasi ini juga dapat direkomendasikan bagi kalangan usia lanjut agar membaca aksara Qur’an lebih terlihat jelas. Jika tidak ingin ada cuplikan iklan pada aplikasi ini pengguna bisa berdonasi mulai dari Rp10.000. PT. BESTPROFIT

2. Muslim Pro
Aplikasi mengaji di bulan puasa selanjutnya adalah Muslim Pro. Aplikasi yang sempat dikabarkan menjual data penggunanya itu dapat diunduh melalui Appstore itu dapat diunduh melalui toko aplikasi di gawai Anda. Pada aplikasi disertai dengan berbagai fitur andalan, yakni membaca Alquran lengkap, kalender Hijriyah, arah kiblat, waktu berbuka, zakat, tasbih, dan 99 sifat Allah (Asmaul Husna). Selain itu terdapat juga keterangan lokasi masjid di wilayah sekitar penggunanya.

Aplikasi Muslim Pro kerap memberikan peringatan penggunanya untuk membaca ayat Alquran setiap hari, di waktu tertentu. Hal ini dapat menjadi pengingat jika dalam mengamalkan membaca Al Qur-an terlupa. Namun pada bagian terjemahan, aplikasi ini tidak memiliki arti berbahasa Indonesia. Pengguna dapat mengunduhnya gratis lewat AppStore.

3. Quran Best Indonesia
Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi karya anak bangsa, yakni barokah Inovasi Teknologi. Jika mengunduh aplikasi ini pengguna langsung diberikan beberapa tutorial lengkap untuk mengoperasikan aplikasi itu. Quran Best Indonesia diklaim memiliki tampilan seperti layaknya Alquran fisik aslinya. Dari tampilan awal pengguna disuguhkan dengan beberapa menu yang dapat dipilih.

Menu itu yakni Alquran berbahasa Indonesia, Aksara Al- Qur’an yang dilengkapi dengan tajwid, arti perkata, tajwid per kata, Arti per ayat, dan disertai penunjuk waktu sholat. Pada kolom fitur juga terdapat halaman Bookmark, yang isinya kumpulan ayat yang disesuaikan dengan segmentasi, seperti kutipan ayat rezeki dari Allah, larangan riba, tentang cinta, jodoh hingga solusi hidup. Pengguna dapat mengunduh aplikasi ini melalui toko aplikasi yang tersedia di ponsel iOS, jika di Android dapat dicari pada kolom pencarian dengan kata kunci Al Quran Indonesia Senyaman Cetak. Itulah 3 aplikasi mengaji di bulan puasa yang dapat digunakan untuk menunjang keseharian dan untuk menjalankan amalan yang disunahkan Rasulullah SAW. PT. BEST PROFIT

4. Umma
Umma adalah aplikasi komunitas muslim buatan anak bangsa. Aplikasi itu menghadirkan banyak fitur mulai dari Al Quran digital, jadwal sholat, petunjuk arah kiblat, dan kelas belajar agama uClass. Untuk membantu mengaji di bulan Ramadhan, fitur Al Quran yang tersedia di Umma memiliki beberapa fitur tambahan seperti terjemahan dalam berbagai bahasa, panduan tajwid, fitur pencari surah atau juz yang spesifik, dan bookmark untuk menandai posisi bacaan terakhir. Pengguna juga bisa mengakses kelas-kelas yang ada dengan membayar sesuai harga kelas yang ditetapkan di uClass. Materi kelas yang ditawarkan uClass datang dari ustadz, ustadzah dan pemateri lainnya secara live streaming.

5. Muslim Go
Sama halnya dengan Panduan Muslim, aplikasi Muslim Go juga buatan anak bangsa yang telah diunduh lebih dari satu juta pengguna. Selain menyajikan jadwal solat, pengingat waktu berbuka, sahur, dan imsak, hingga kumpulan doa yang bisa dibaca setiap hari. Fitur Islam lain yang dibekali Muslim Go antara lain buku, musik, video, hingga komik. Dalam aplikasi juga sudah tersedia suara Syeih Musyari Rasyid yang membacakan ayat-ayat Al Quran. Pengguna dapat membagikan ayat dalam aplikasi tersebut ke media sosial, bahkan bisa juga memberi catatan pada ayat yang telah dibaca. Pengguna dapat menggunakan aplikasi Muslim Go secara gratis, tetapi akan disuguhi iklan jika membuka menu tertentu dan waktu tertentu.

6. Panduan Muslim
Panduan Muslim merupakan salah satu aplikasi anak bangsa yang telah mendapat pengakuan dari Kementerian Agama (Kemenag) RI dengan lebih dari 100 ribu pengguna. Selain menyajikan 30 juz Al-Quran lengkap dengan terjemahan, arah kiblat dan waktu salat, aplikasi ini juga dilengkapi dengan ringkasan cerita 25 Nabi, tasbih digital, panduan wudhu bahkan kalkulator zakat. Tak hanya itu, Panduan Muslim juga dilengkapi dengan siaran radio yang khusus membahas tentang Islam serta kumpulan video kajian islam yang dapat ditonton secara online maupun offline. BEST PROFIT

Sumber : cnnindonesia