Best Profit Futures Banjarmasin

5 Orang Indonesia menjadi pemimpin dunia l PT BESTPROFIT FUTURES

5-putra-putri-indonesia-di-kursi-pimpinan-institusi-raksasa-dunia

PT BESTPROFIT FUTURES – Masyarakat Indonesia pastinya bangga jika putra-putri bangsa bisa berprestasi di dunia. Pasalnya, kebanyakan orang-orang ternama dunia selama ini didominasi oleh warga negara Barat.

Direktur Eksekutif Indonesia Mengajar, Hikmat Hardono, mengatakan bukan tidak mungkin suatu saat orang Indonesia bisa berada di posisi pucuk pimpinan perusahaan kelas dunia macam Google maupun Microsoft.

Sebab, jumlah orang-orang Indonesia yang memiliki latarbelakang pendidikan tinggi sekaligus kecakapan yang mumpuni sudah banyak. “Kalau secara umum, berdasarkan angka absolut orang-orang yang terdidik jumlahnya besar dan bisa mendominasi di Asia,” ujarnya kepada Merdeka.com di Jakarta.

Menurutnya, bangsa Timur sejauh ini sudah menunjukkan kemampuan dan kualitas untuk bersaing dengan warga negara Barat. Dia mencontohkan warga negara India. Banyak diaspora India yang menempati posisi-posisi penting di dunia, mulai dari pemerintahan hingga perusahaan-perusahaan bonafid. Dia berharap diaspora Indonesia mampu menempati posisi-posisi penting di dunia tersebut.

“Kita lihat ada di pemerintahan, jadi Presiden Pepsi Cola, jadi Presiden Google,” ujar dia. – PT Bestprofit Futures

Sebetulnya ada sudah ada sejumlah putra-putri bangsa yang menempati posisi strategis di dunia. Namun memang, jumlahnya tidak banyak sehingga tak terlalu terdengar kabarnya. Merdeka.com kali ini mencoba merangkum sejumlah orang Indonesia yang mampu menempati jajaran pimpinan di institusi raksasa dunia. Berikut ulasannya.

1. Helman Sitohang sebagai CEO Credit Suisse Asia Pasifik

Credit Suisse secara resmi mengangkat CEO Asia Pasifik Helman Sitohang sebagai orang Indonesia pertama yang masuk dalam dewan eksekutif perusahaan.

Helman yang merupakan alumni Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Elektro tahun 1984 ini telah bekerja untuk Credit Suisse sejak 1998 dan saat ini merupakan orang Indonesia dengan jabatan tertinggi dalam perusahaan tersebut. Pengangkatan Helman dilakukan setelah perusahaan mencatatkan kinerja memuaskan di Asia Pasifik.

2. Sri Mulyani sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia

Sri Mulyani Indrawati adalah wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan ini diembannya mulai 1 Juni 2010. Sebelumnya, dia menjabat Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu. Begitu, dia berkantor di Kantor Bank Dunia, dia praktis meninggalkan jabatannya sebagai menteri keuangan.

3. Hekinus Manao sebagai Direktur Eksekutif Bank Dunia

Pada tanggal 8 Oktober 2010, Hekinus Manao ditunjuk menjadi Executive Director Bank Dunia. Hekinus sendiri akhirnya menerima jabatan ini dan telah berangkat ke Amerika pada akhir bulan Oktober 2010. Dengan tampilnya Hekinus Manao sebagai Executive Director Bank Dunia, ini menambah daftar orang-orang berkebangsaan Indonesia yang tampil di level internasional.

4. Purnomo Yusgiantoro sebagai Gubernur OPEC

Berbekal pengalaman menjadi dosen, konsultan bidang Sumber Daya, dan sebagai peserta dan pengajar kursus kepemimpinan, karir Purnomo Yusgiantoro naik perlahan-lahan. Perannya dimulai sejak menjadi Ketua II Bidang Pemasaran Dalam dan Luar Negeri, Dewan Komisaris Pemerintah untuk Pertamina (DKPP) pada tahun 1993-1998.

Disusul kemudian menjabat sebagai Gubernur OPEC, Wina, Austria pada tahun 1996-1998. Perlahan namun pasti, nama Purnomo mulai banyak dilirik sebagian besar orang, organisasi, maupun kantor pemerintahan. Sampai pada tahun 2000, ia didaulat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pada masa kepemimpinan Gus Dur.

5. Bambang Brodjonegoro sebagai Ketua Komite Pembangunan Bank Dunia dan IMF

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro terpilih sebagai Ketua Komite Pembangunan Bank Dunia dan Dana Pengelolaan Moneter (IMF). Terpilihnya Menteri Bambang membuatnya menjadi satu-satunya orang Indonesia yang pernah menduduki jabatan tersebut.

Komite yang telah aktif sejak 1974 ini berfungsi membahas dan mencari solusi dari berbagai isu pembangunan terkini. Orang Timur yang pernah menjabat jabatan ini diantaranya menteri keuangan Malaysia, Thailand, India, dan Filipina. – Merdeka

(Mr-Pt Bestprofit Futures)