5 Alternatif Aplikasi Kirim File Selain WeTransfer

INFO DAN KEGIATAN news Post Tekno

PT. BESTPROFIT FUTURES

PT. BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN – WeTransfer kerap jadi pilihan saat seseorang mengirim data ukuran besar secara digital. Layanan berbasis cloud tersebut populer di tengah masyarakat. Aplikasi tersebut banyak digunakan karena relatif mudah dan tanpa banyak syarat, bahkan tanpa harus daftar atau memiliki akun. BESTPROFIT

Dengan adanya cloud, kini berbagi data terbilang lebih praktis hanya dengan mengunggah file dan membagikan tautan kepada rekan atau keluarga, yang hendak mengunduh file tersebut.

Berikut beberapa layanan alternatif selain WeTransfer, yang bisa digunakan untuk berbagi file atau data secara digital.

  1. Microsoft OneDrive

Microsoft OneDrive merupakan layanan kirim file serupa WeTransfer. Pengguna bisa menentukan file dan folder yang ingin dicadangkan, dan secara otomatis disinkronkan dengan salinan di cloud seperti semua komputer dan perangkat lain, tempat Anda menyiapkan OneDrive. PT. BESTPROFIT

OneDrive dinilai lebih unggul lantaran memiliki kapasitas yang terbilang besar, yaitu hingga 1TB. Namun tentu pengguna harus berlangganan Microsoft 365 untuk mendapatkan layanan sepenuhnya.

Microsoft memberikan versi gratis OneDrive, tetapi hanya berkapasitas maksimal 100 GB saja.

  1. Google Drive

Raksasa teknologi Google juga memiliki layanan penyimpanan awan atau cloud populer, yaitu Google Drive. Layanan cloud Google Drive bisa menjadi alternatif aplikasi selain WeTransfer.

Google Drive punya fitur yang bisa memberi akses kepada pengguna lain, apakah pengguna lain bisa menambahkan, membagikan dan mengatur tata letak file di dalam folder yang berada di Google Drive.

Pengguna bisa langganan berbayar dengan kapasitas penyimpanan maksimal 100GB. Tetapi jika Anda ingin menggunakan Google Drive yang gratis, Google memberi kapasitas penyimpanan maksimal 15GB.

Dengan layanan penyimpanan file tersebut, seseorang bisa mengirim file atau data dalam ukuran besar pada orang lain.

  1. Dropbox

Dropbox menjadi salah satu layanan cloud yang paling terkenal. Seperti layaknya layanan penyimpanan awan pada umumnya, Dropbox juga memberi ruang penyimpanan gratis untuk penggunanya, namun hanya 2GB.

Meski demikian, pengguna bisa mengupdate dengan layanan berbayar yang bisa ditingkatkan menjadi 2TB hingga 3TB. Dropbox menjadi layanan cloud yang terbilang besar menyediakan kapasitas penyimpanan. PT. BEST PROFIT

Anda dapat menggunakan Dropbox di web, atau melalui perangkat lunak desktop, dan opsi berbagi sederhana namun efektif. File dapat dibagikan dengan memberikan alamat email penerima dan tautan akan dikirimkan untuk Anda.

Sama seperti Google Drive, pengguna juga bisa saling mengatur folder yang aksesnya dibuka kepada beberapa pengguna. Jadi, beberapa pengguna bisa mengedit, menambahkan atau hanya sekedar melihat konten saja.

  1. Smash

Apabila Anda memiliki dokumen yang sangat besar untuk dikirim, Smash bisa menjadi layanan kirim file alternatif untuk Anda. Smash menjadi layanan cloud gratis, bahkan tak perlu mendaftar akun untuk menggunakannya.

Meski gratis, file yang dibagikan hanya bertahan di cloud itu maksimal 14 hari. Secara otomatis pihak penyedia akan menghapus file Anda dari link penyimpanan.

Dikutip Tweak Library, sebagai tindakan keamanan, Anda juga memiliki opsi untuk melindungi file bersama yang dilindungi kata sandi.

Situs webnya terbilang sangat sederhana, dan proses berbagi dimulai dengan ‘drag and drop’ file Anda ke logo Smash. Kemudian Anda dapat mencantumkan alamat email orang-orang yang ingin dilibatkan.

  1. Hightail

Hightail menjadi salah satu alternatif cloud selain WeTransfer. Layanan ini memberi penggunanya kapasitas penyimpanan gratis total 2GB, dan file tersedia hanya tujuh hari.

Jika pengguna ingin beralih ke paket berbayar, Anda dapat menyimpan dokumen tak terbatas, menurut laporan Tech Radar.

Hightail menggunakan ‘Spaces’ untuk mengelola file yang penggunanya simpan. Terdapat fitur yang bisa dibagikan dengan orang lain, ada pula yang terpisah. BEST PROFIT

Yang menarik dari Hightail adalah memungkinkan Anda untuk tidak hanya berbagi file dari komputer Anda, tetapi juga bisa mengkonsolidasikan dan berbagi file dari layanan cloud lainnya seperti Dropbox, Google Drive, OneDrive dan masih banyak lagi.

Itulah lima aplikasi atau layanan kirim file besar sebagai alternatif dari WeTransfer.

Sumber : cnnindonesia