Best Profit Futures Banjarmasin

4 Jet tempur tercanggih yang dimiliki Indonesia

PT BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN

BESTPROFIT
PT BESTPROFIT FUTURES –  Indonesia membutuhkan peralatan canggih untuk melindungi keamanan negara. Seperti jet tempur yang memiliki kekuatan melebihi pesawat pada umumnya. Jet tempur didesain untuk melakukan pertempuran di wilayah udara. Dan sekarang, Indonesia sudah memiliki beberapa jet tempur canggih tersebut.

Seperti dikutip Merdeka.com dari berbagai sumber, berikut jet-jet tempur milik Indonesia:

1. Pesawat Sukhoi SU-35 dari Russia

Indonesia memiliki 11 pesawat Sukhoi SU-35 dari Russia. Pesawat-pesawar Sukhoi SU-35 yang direncanakan tiba di di tanah air mulai Oktober 2018 ini sudah memiliki persenjataan lengkap. Sukhoi SU-35 rencananya diperuntukkan sebagai pengganti pesawat tempur F-5 Tiger TNI AU. – PT BESTPROFIT

Keunggulan Pesawat Sukhoi SU-35 ini dilengkapi dengan dua penampil kristal cair (liquid crystal display atau LCD) guna memberikan semua informasi yang pilot butuhkan dalam format picture in picture.

Sukhoi SU-35 menandingi F-15 Eagle (produksi McDonnell Douglas, AS) dan F-16 Fighting Falcon (produksi General Dynamics, AS) , pesawat ini dimasukkan dalam dalam generasi 4++. Jet tempur Su-35 ini dianggap sebagai lawan setanding jet tempur generasi kelima buatan Lockheed Martin (AS), F-22 Raptor.

2. Hawk 209

Jet ini merupakan pesawat buatan Hawker-Siddeley. Hawk Mk 209 yang dimiliki TNI-AU ini memiliki fungsi sebagai pesawat jet latih untuk pesawat tempur generasi 4. Adapun jet tempur generasi 4 diantaranya seperti F-15, F-16 dan lain sebagainya. – PT BEST PROFIT

Pertama kali TNI-AU membeli pesawat ini pada tahun 1997. Hawk Mk 209 merupakan varian single seater dari keluarga Hawk. Pesawat jet ini dikhususkan untuk mengemban misi air superiority dan ground attack.

3. F-16 Fighting Falcon

F-16 Fighting Falcon adalah jet tempur multi-peran supersonik yang dikembangkan oleh General Dynamics (lalu di akuisisi oleh Lockheed Martin), di Amerika Serikat. Pesawat ini awalnya dirancang sebagai pesawat tempur ringan, dan akhirnya ber-evolusi menjadi pesawat tempur multi-peran yang sangat populer. – BESTPROFIT

Kemampuan F-16 untuk bisa dipakai untuk segala macam misi inilah yang membuatnya sangat sukses di pasar ekspor, dan dipakai oleh 24 negara selain Amerika Serikat.

Pesawat ini sangat popular di mata international dan telah digunakan oleh 25 angkatan udara. F-16 merupakan proyek pesawat tempur Barat yang paling besar dan signifikan, dengan sekitar 4000 F-16 sudah di produksi sejak 1976.

Pesawat ini sudah tidak diproduksi untuk Angkatan Udara Amerika Serikat, tapi masih diproduksi untuk ekspor.

4. F-5E Tiger II

F-5E/F Tiger II adalah sebuah bagian dari keluarga pesawat tempur supersonik ringan yang dirancang dan diproduksi oleh Northrop, di Amerika Serikat, sejak tahun 1960-an. Ratusan pesawat ini masih dipakai oleh berbagai angkatan udara di dunia sampai abad ke-21.

Pesawat ini juga menjadi dasar untuk pengembangan beberapa pesawat lainnya. Produksi pesawat F-5A dan F-5E berakhir pada tahun 1972 dan 1987. – BESTPROFIT

F-5E Tiger II, juga banyak digunakan oleh negara sekutu Amerika Serikat, dan di Amerika Serikat sendiri dipakai sebagai pesawat latih tempur. Jumlah Tiger II yang diproduksi sampai tahun 1987 mencapai 1400 buah. Pesawat F-5 yang masih dipakai sampai tahun 1990-an dan 2000-an telah melalui banyak modifikasi pembaruan.

Sumber: Merdeka